Pusat Referensi Pasar Modal

Hari ini **maksud saya, Kamis, 14 Januari**, saya jalan2 donggg. Bukan ke tempat wisata sihhh, tapi ke Gedung Bursa Efek Indonesia **IDX**. Bukan berarti saya mulai banting setir jadi pialang saham, tapi saya cuma mau menuntut ilmu disana. Hehehe .. Ngga ding, saya butuh data untuk penulisan skripsi, jadi yaaa mau ngga mau akhirnya harus mau masuk gedung yang sebelumnya antah berantah banget buat saya.

Trus, Pusat Referensi Pasar Modal **PPRM** itu apa ?

Yop yop, itu tempat yang saya tuju. Posisinya ya ada di dalam IDX itu sendiri, di lantai 1, deket BRI, kalo ngga salah dia ada di Tower 1 **tower sebelah Selatan**. Sesuai namanya, PPRM memang bener2 pusat segala macam informasi yang berkaitan dengan pasar modal. Kumpulan prospektus, laporan keuangan, announcement, harga saham harian dan segalaaa yang berhubungan dengan pasar modal lah, numplek semua disini. Selain data yang berbentuk hardcopy **yang ini mirip ma perusahaan sebagaimana umumnya, banyak raknya**, ada juga data yang berupa softcopy. Jadi, ada 1 area yang berisi komputer2 yang menyimpan data2 tersebut. Kita bisa bebas mengakses, dengan minta password ke resepsionis PPRM. Sayang sekali, kebebasan itu ngga gratis, semuanya bayar, ngga murah pula **sebagai mahasiswa, berasa berat euy**. Hohoho ..

Contohnya ya, fotocopy IDR 400/lembar, print IDR 1100/lembar, penggunaan komputer IDR 7000/jam dan setiap tambahan IDR 5000 tiap 30 menitnya, copy data softcopy IDR 15000/bulan data dan beberapa item2 lain yang sengaja ngga saya ingat, biar ngga stres. Hehehe .. 😀 Tapi, berhubung butuh, ya sudahlah, ngga papa. Itung2 masuk gedung perkantoran yang lux **ngga kaya kantor saya dulu, hihihi ..**, fasilitas lengkap, tempat nyaman, bisa liat ruang bursa **walopun dari atas doang**. Kekurangannya cuma 1, toilet di lantai 1 ngga ada gayungnya !! Huhhh .. **dasar katro, biasanya di rumah adanya sumur sih, hohoho ..**.

Oh ya, tips2 kalo mau ke PPRM :

  1. Bawa 2 kartu identitas, misal : KTP, SIM, kartu mahasiswa, kartu pegawai, blabla. Soalnya bakalan diminta tanda pengenal 2 kali. Pertama pas masuk IDX nya, kedua pas masuk PPRM nya. Jadi kita dapet 2 tanda visitor gitu deh. Jangan sampe cuma bawa 1 ya, ntar diomelin satpamnya **yang rada galak**.
  2. Bawa duit yang banyak, buat dokumentasiin data yang kita butuh, kalo2 capek nyatet sendiri, jadi perlu fotocopy, nge-print atau pake komputer buat nyari data. Trus juga bisa berguna kalo udah bosen di IDX, bisa langsung nyebrang aja ke Pasific Place. Hehehehe .. ^^
  3. Bawa minuman & cemilan **walopun kayanya ngga boleh sih nyemil di perpus, hihihi ..**. Soalnya ngga ada tempat makan murah di area IDX. Ada juga sedikit, di basement, tapi ya itu, pilihannya dikit banget.
  4. Ada parkir motor, dont worry !! Di sebelah Selatan gedung yaaa .. :)
  5. Musholanya nyaman, bersih, wangiii .. Ada di lantai 3, naik lift aja ..

So, sekarang ngga bingung lagi mesti kemana kan kalo butuh data tentang pasar modal ?! ^^

15 thoughts on “Pusat Referensi Pasar Modal

  • January 15, 2010 at 09:13
    Permalink

    numpang mampir….
    eh, ane pertamax ya…

    kalo aku pake chartnexus sih buat liat inpo2 harga aja

    Reply
  • January 15, 2010 at 09:56
    Permalink

    dih g mampir ke kantor ku “yg lama”
    hihihihi

    Reply
  • January 15, 2010 at 10:14
    Permalink

    masih belum tau parkirnya yg sebelah mana 😀

    Reply
  • January 15, 2010 at 13:42
    Permalink

    @ ali : Selamat datang, sering2 ya, biar nambah pageview gitu .. Chartnexus ?? Coba ahhh, makasih ya .. :)

    @ sapar : Mampir tau, Par, sampe lobi gedung baru doang tapi. Hujan dueresss .. -_-!

    @ cetot : Di sebelah selatan gedung, ada kok, cuma terbuka, jadi kalo hujan ya ribet .. **btw ini siapa sihhh ??**

    Reply
  • July 2, 2010 at 15:46
    Permalink

    mba, nanya dong..kalo mau masuk ke prpm itu butuh surat pengantar dr universitas ngga??atau cukup dg tanda pengenal aja??kebetulan aku juga mau cari data kesana :)
    terimakasih sebelumnya :)

    Reply
  • July 2, 2010 at 16:18
    Permalink

    @ dila : Ngga usah pake surat pengantar dari universitas ngga papa kok, Mba .. Saya kemarin cuma bawa tanda pengenal saja .. Semoga sukses cari datanya .. Oh ya, jangan lupa bawa jaket ya, ruangannya super duper dingin .. Hehehehe .. 😀

    Reply
  • July 11, 2010 at 17:15
    Permalink

    oia mas, kalo mau sekalian buat surat keterangan riset dari prpm bisa gak sih? soalnya diminta juga sama kampus buat lampiran.. kira2 jadinya brp lama? makasih ya..

    Reply
  • July 11, 2010 at 17:36
    Permalink

    @ mats : Sepertinya bisa, tapi bayar, kalo ngga salah .. Nanti tanyakan saja ke petugasnya, mereka siap melayani pengunjung kok ..

    #btw, saya mba lho, bukan mas .. :p

    Reply
  • July 12, 2010 at 21:01
    Permalink

    wah.. makasih … mba 😀

    Reply
  • July 7, 2013 at 23:18
    Permalink

    Mba, saya berencana mengunjungi PRPM. Sebelum datang kesana, saya ingin tanya-tanya sedikit mengenai fasilitas PRPM. Berhubung mba sudah pernah kesana, bisakah saya tanya mba?

    Reply
  • July 8, 2013 at 19:36
    Permalink

    @ arief : Monggo, cuma ya mohon maaf kalo udah ndak relevan, saya ke PRPM sudah lebih dari 3 tahun yang lalu .. 😉

    Reply
  • April 9, 2014 at 18:58
    Permalink

    Mba, mau tanya dong klo butuh info ttg kantor akuntan publik yg ngaudit perusahaan yg terdaftar di BEI ada gak yaa di sana? ini lengkap banget gak? makasih yaa

    Reply
  • April 13, 2014 at 23:11
    Permalink

    @ charyll : Sepertinya ada, namun mohon maaf, saya tidak bisa memastikan untuk kondisi sekarang, karena saya kesana sudah 4 tahun yang lalu .. 😉

    Reply

Leave a Reply

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox:

%d bloggers like this: