[Catper] Bandung Selatan, 23-24 Januari 2010

Yayyy, akhirnya salah satu resolusi 2010 saya, yaitu make a trip to Bandung Selatan, terwujud juga, bahkan sebelum bulan pertama ini habis. Hebattt !! Heuuu .. :)

Penggagas perjalanan ini adalah Sosro dan Aga, 2 sahabat saya yang gila jalan juga. Semuanya serba mendadak. Saya dikabari baru hari Kamis, itupun banyak temen yang masih tentative, hingga akhirnya harus kontak sana sini, nyari wadyabala, biar biaya perjalanan bisa diirit. Hehe .. Akhirnya terkumpul lah 7 orang yang siap menjelajah Bandung Selatan : saya, Ani, Ceha, Sosro, Aga, Cungkrink dan Lintom.

Meskipun banyak aral melintang menjelang keberangkatan, kami mah tetep semangat empat lima. Eh, bukan lebay loh, emang beneran banyak hambatan yang kamu hadapi. Bintaro-Gambir macet total & gangguan sinyal KRL Bogor-Gambir, yang bikin kami semua telat ngejar KA Argo Gede yang pukul setengah 3. Trus orang hotel yang rese‘ nya minta ampun, ngotot2 kami harus nyampe sana sebelum pukul 5 sore, lah, gimana bisa, lha wong akhirnya kami ngikut KA Parahyangan yang pukul setengah 5 kok. Alhamdulillah bisa di lobi, jadi deadline bisa mundur jadi pukul 8 malem. Belum lagi rental mobil yang ternyata puenuuuhhh semua. Sempet khawatir, gimana kalo ngga dapet sewaan mobil, padahal pengin tetep keukeuh nginep di kota, biar bisa city tour. Akhirnya, berkat bantuan Mbah Google dapet juga .. :) Satu lagi, travel buat pulang ke Jakarta pun susah bener dicari, maklum lah ya, buat Minggu malem gitu. Ternyata makin banyak aja orang yang bolak balik Bandung-Jakarta di tiap wiken. Syukurnya lagi, akhirnya masih ada kursi buat kami. Fiuhhh .. ^^

Okay okay, mari kita mulai berjalan2 ke Bandung Selatan !!

23 Januari 2010

1. Bintaro-Gambir : Perjalanan dimulai dengan meeting point di depan Gereja PJMI. Setelah kumpul semua, saya, Ani, Cungkrink & Aga pun nyetop taksi-putih-jambul-kuning untuk menuju Gambir. Niatnya ngejar KA Argo Gede yang pukul setengah 3, tapi ternyata rencana tinggal rencana, karena jalanan muacet total. Belum lagi Sosro, Lintom & Ceha yang start perjalanan dari Bogor & Depok juga terhambat gara2 ada gangguan sinyal KRL. Deng donggg ! — IDR 60.000 (taksi untuk 4 orang), IDR 11.000 (KRL Bogor-Gambir untuk 1 orang) dan IDR 18.000 (KRL Depok Baru-Gambir untuk 2 orang)

2. Gambir : Sampe Gambir udah hampir pukul 3, jelas Si Argo Gede udah bubye. Antri di loket sambil H2C, semoga KA Parahyangan yang paling deket belom habis tiket. Fiuhhh, ternyata masih ! Horeee, kami akan berangkat dengan KA62 itu pukul setengah 5. Yohooo, bisa makan2 dulu lah, secara udah pada kelaperan, plus Sholat Ashar di Gambir ajah .. — IDR 315.000 (KA Parahyangan untuk 7 orang)

3. Stasiun Bandung-Penginapan : Sekitar pukul 8 kurang dikit, kami nyampe juga di Bandung. Fiuhhh, ademmm banget rasanya pas nginjek tanah dengan ketinggian 709 MDPL ini. Untuk menuju penginapan, daripada naek angkot nyasar & naek taksi harus 2 taksi, kami mutusin untuk menerima tawaran Bapak2 untuk make Avanza aja. Setelah ditawar2 dengan memanfaatkan kemampuan Si Aga berbahasa Sunda **dan wajahnya yang rada2 pantes buat jadi orang Sunda**, kami deal harga juga. Meluncur lah kami ke penginapan yang berada di seputaran Gasibu itu .. — IDR 50.000 (carter-an Avanza untuk 7 orang)

4. Penginapan Wisma Asri : Yups, kami menginap di Wisma Asri yang merupakan wisma kelolaan Telkom Bandung. Letaknya di Jl. Merak No. 5, Bandung, telp (022) 4521717, ngga jauh dari Gasibu & Gedung Sate. Rate kamar di penginapan ini ngga terlalu tinggi **tapi kamarnya juga biasa aja**. Untuk kamar standard IDR 150000 dan kamar deluxe IDR 225000, bedanya cuma di kamar mandi dalam dan luar aja. Lumayan lahhh, saya tetep bisa tidur nyenyak kok .. :)IDR 525.000 (2 kamar standard & 1 kamar deluxe untuk 7 orang)

5. Cilaki & Gedung Sate : Lepas bersih2, kami keluar cari makan malam. Gileee, udah laper beraaattt !! Setelah jalan rada jauh, kami mutusin makan di kawasan Cilaki, dekat Taman Lansia dan Cisangkuy. Heuuu, lewat Gedung Sate, udah rame euy, trus lewat Kantor Pusat PT Pos Indonesia yang bangunannya so old, tapi kereeennn. Saya sukaaa .. :) Sampe di deretan warung tenda, rada2 bingung mo makan apa, akhirnya diputuskan masuk ke Atong Seafood. Disana, selain dapet makanan enak **tau deh tuh, beneran enak atau pengaruh kelaparan akut kami**, kami juga ketemu musisi jalanan yang kereeennn. Nyanyi Hotel California, You & instrumen2 gitu .. Ahhh, so sweet !! — IDR 187.000 (makan malam untuk 7 orang)

6. Pulang ke penginapan, tiduuurrr, mimpi indah !! — gratis .. 😀

24 Januari 2010

1. Wisma Asri & pool Travel Baraya Surapati : Sarapan gratis di penginapan, nasi goreng plus telur ceplok, tapi sayang, cuma sekuprit. Hiks .. :( Setelah selesai siap2, tepat pukul 7 pagi, kami memulai tour hari ini. Avanza hitam dengan nopol D 773 BM yang baru 4 bulan beroperasi, udah nangkring di depan penginapan. Inilah mobil yang kami sewa dari ForURent Car yang berlokasi di Jl. Laswi 144, Lingkar Selatan, Bandung, telp (022) 7308361, untuk 12 jam ke depan. Driver kami bernama Pak Dedi. Sebelum bergerak ke Bandung Selatan, kami mampir dulu ke pool Travel Baraya yang di Jl. Surapati **lokasi rada nyempil di dalem SPBU gitu dehhh** buat pesen tiket pulang. Alhamdulillah, ada 6 kursi tersisa buat kami, walaupun cuma sampe perempatan Fatmawati, Bintaronya udah ludes. Sementara 1 kursi lagi ke arah Melawai untuk Lintom yang beda tujuan pulang. Oh ya, call center Travel Baraya (022) 7063 8801 s/d 07 .. Trus sempet isi bensin dulu buat Si Avanza & beli Aqua buat kami2 .. — IDR 2.000 (parkir), IDR 168.000 (DP 50 % tiket Travel Baraya untuk 7 orang), IDR 100.000 (bensin), IDR 11.000 (Aqua buat 7 orang)

2. Kawah Putih : Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam **sempet kejebak macet di Soreang, ada pasar tumpah & terpaksa ambil jalan rada muter**, sampe juga kami di kawasan wisata Kawah Putih. Pas ketemu loket, kami harus bayar tiket masuk untuk 7 orang @ IDR 12.000 & 1 mobil @ IDR 5.000 **tapi dapet diskon IDR 8.000, yayyy**. Dari loket itu, kami masih harus menempuh perjalanan kurang lebih 5 kilometer melewati jalan sempit yang berkelok2, untungnya jalan itu udah mulus, menurut cerita teman2 yang sudah lebih dulu kesini, dulunya gronjal2. Beberapa kali kudu menahan nafas ketika mobil rada nggereng2 kaya ngga kuat nanjak atau berpapasan dengan kendaraan lain. Fiuhhh .. Semua itu terbayar lunas ketika bentangan Kawah Putih ada di depan mata dan bau belerang yang aduhaiii .. Saya excited banget !! Gileee, cantik bener tuh tempat !! Kaya bukan di bumi ajah .. Tebing2 seperti membentuk cawan raksasa, dimana di dalamnya berisi air hijau tosca. Kabut pun sesekali menyapa permukaan telaga. Ahhh, bener2 cantik. Subhanalloh .. Kami ngga nyia2in spot spektakuler ini untuk foto2. Ahaaa .. :)IDR 80.000 (tiket masuk Kawah Putih untuk 7 orang), IDR 2.000 (parkir)

3. Kebun Teh Walini : Puas menikmati Kawah Putih, kami melanjutkan perjalanan ke Situ Patengan. Ternyata di tengah jalan kami disuguhi pemandangan hijau menghampar sejauh mata memandang. Kebun teh Walini !! Kata Aga, perkebunan ini adalah yang terbesar di Indonesia, bahkan sampe Tol Cipularang aja keliatan. Hmm, seger bangettt, hijauuu dimana2, berpadu serasi dengan langit yang hari itu bersahabat, biruuu bangettt !! Kami pun berhenti dan kembali foto2 .. Hehehe .. :)gratis ..

4. Situ Patengan : Kurang lebih setelah 5 kilometer menyusuri jalan perkebunan yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara VIII **meliputi perkebunan teh Walini dan Rancabali**, sampai juga kami di Situ Pantengan. Danau ini menyimpan legenda cerita cinta Ki Santang & Dewi Rengganis. Hingga kini menyisakan sebuah pulau berbentuk hati dan batu cinta yang dipercaya bisa membuat cinta pasangan kekasih akan abadi jika mengelilingi dan menyentuhnya. Sayangnya biaya sewa perahu rada mahal **berdasar bisik2 tukang perahu, sewa per perahu IDR 80.000 – IDR 100.000**, jadi kami menyusuri pinggiran situ ajah, sambil foto2 tentunya .. Heuuu .. :)IDR 40.000 (tiket masuk Situ Patengan untuk 7 orang), IDR 10.000 (gorengan untuk 7 orang), IDR 2.000 (parkir)

5. Resto Sindang Ponyo, Ciwidey : Setelah puas, kami turun meninggalkan kawasan puncaknya Bandung Selatan itu. Trus nyempetin berhenti makan siang di Resto Sindang Ponyo, Ciwidey. Makanannya murah meriah, uenak **atau lagi2 karena kami yang kelaperan yak ?! hehehe ..** dan khas Sunda banget. Sempet sholat Dhuhur juga di musholla si empunya resto ini .. — IDR 152.000 (makan siang untuk 8 orang, termasuk Pak Dedi), IDR 2.000 (parkir)

6. Ciwidey-Bandung : Di tengah2 perjalanan pulang kami ke Bandung, hujan turun deres bangettt !! Bahkan di Soreang sempet terhadang banjir yang lumayan besar. Heuuu .. Untungnya mobil tetep melaju walopun tersendat. Gileee, Bandung yang tinggi aja bisa banjir kaya gitu yak .. Ck ck ck .. — gratis ..

7. Bandung : Yohooo .. City tour dimulaiii !! Dimulai dari Jl. Braga **sempet sholat Ashar di antara Jl. Braga & Jl. Riau, sori, lupa nama masjid & posisinya dimana, hehehe ..**, Jl. Riau (mobil kaos Gurita, FO Terminal Tas, FO Stamp), Jl. Sultan Agung (distro Ouval Research), Jl. Dago (FO Episode **sempet sholat Maghrib di musholla FO Episode**, Amanda Brownies) — IDR 8.000 (parkir 4 spot), belanja pake duit sendiri2 yak .. :)

8. Pool Travel Baraya Surapati : Menjelang pukul 8 malam, kami harus mengakhiri perjalanan di Bandung. Hiks .. Langsung meluncur ke pool Travel Baraya Surapati, sekalian melunasi tiket pulang yang baru di DP aja, membayar sewa mobil plus tips buat Pak Dedi **ngga wajib sih, tapi masa ya ngga ditambahin, udah nganter2 seharian gitu**, makan malam minimalis **yang bikin mules perut, kata Cungkrink** di kantin Travel Baraya, trus tepat pukul 9 malam kami diangkut oleh Baraya kembali ke Jakarta .. Bubye, Bandung .. :(IDR 168.000 (pelunasan tiket Travel Baraya untuk 7 orang), IDR 300.000 (sewa mobil 13 jam, harusnya IDR 310.000, tapi bisa di lobi, yayyy), IDR 40.000 (tips buat driver), makan malem bayar sendiri2, kas udah habisss .. :)

9. Fatmawati-Bintaro : Lepas pukul 11, kami sampe di perempatan Fatmawati, untuk sampe ke Bintaro, kami masih harus nyambung taksi. Untung ada taksi-putih-jambul-kuning yang ngetem disana. Untung pula jalanan udah lengang, jadilah Fatmawati-Bintaro ditempuh 20 menit ajahhh .. — IDR 30.000 (taksi untuk 3 orang, kami berpisah tujuan, jadi taksinya sendiri2 dehhh)

Yahhh, selesailahhh perjalanan ke Bandung Selatan .. Total jenderal biaya perjalanan kali ini adalah IDR 308.000/orang, exclude transport Bintaro-Gambir, Bogor-Gambir, Depok-Gambir ; makan malem 24 Januari 2010 ; belanja pribadi ; transport Fatmawati-Bintaro .. :)

Oh ya, kami ngga menyebut perjalanan ini backpacking lohhh. Jadi kalo temen2 ada yang mau backpacking-an, bisa jadi biaya perjalanan bisa ditekan lagi .. :)

Okay, memuaskannn !! Terima kasih, Temans .. :)

7 thoughts on “[Catper] Bandung Selatan, 23-24 Januari 2010

• January 26, 2010 at 09:58
    Permalink

weee… nginepnya murah ya? jam check in ma check out? biar ga da yang ke buang (waktu ma duit he he he)… pathokannya

• January 26, 2010 at 09:59
    Permalink

weeeeee…………….. avatar ku wis muncul ha ha ha

• January 29, 2010 at 21:05
    Permalink

@ dani : Heyeeehhh, masa ngetes avatar disini, Oom ?! Hehehe .. :) Iya, lumayan murah, Oom, jam check in check out ya standar lah, jam 12 siang sampe jam 12 siang hari berikutnya ..

• February 4, 2010 at 10:28
    Permalink

@ ali : Weleeehhh .. Gelem toh ? Tiwas pas kae kangelan golek2 bocah sing gelem meneh .. Rencana amat sangat mendadak ki, Li .. Maafkan .. :)