Tebaran Kertas-Kertas Djadoel ..

Minggu, 3 Februari 2013 ..

page1_2

Seperti bulan sebelumnya, Komunitas OASE Semarang kembali mengadakan pameran djadoel. Setelah mengawali tahun 2013 dengan Pameran Kaleng Djadoel, di Bulan Februari lalu, Komunitas OASE Semarang menggelar Pameran Kertas Djadoel. Akun Twitter pecinta sejarah di Kota Semarang, @LopenSMG, masih berperan aktif sebagai penyebar informasinya ..

Bertempat di teras Semarang Contemporary Art Shop dan Siwil Art di Jl. Letjend Suprapto, Kawasan Kota Lama, Semarang, aneka macam jejak sejarah berbahan dasar kertas pun bertebaran disana ..

IMG_0173_2

Penelusuran saya mulai dengan mencari tahu tentang sejarah kertas ..

Kertas atau paper, berasal dari kata papyros, yang merupakan bahasa Yunani dari tanaman Cyperus Papyrus. Tanaman ini bersifat tebal dan menyerupai kertas, telah digunakan oleh bangsa Mesir Kuno dan Mediterania, jauh sebelum bangsa Cina menemukan lembaran kertas ..

Sejarah beranjak ketika lembaran kertas ditemukan di Cina, pada masa Dinasti Han, tahun 105. Seorang pejabat pengadilan kekaisaran, yang bernama Cai Lun, membuat kertas menggunakan sari tanaman Mulberry, serat kulit pohon, jala ikan, kain bekas dan sisa jerami. Sejak saat itulah, lembaran kertas yang akhirnya dikenal sebagai “Kertas Yang Mulia Cai” ini menggantikan lempengan bambu dan lembaran sutra yang sebelumnya digunakan untuk menuliskan dokumen-dokumen kekaisaran ..

Penemuan kertas ini mulai menyebar ke dunia barat melewati Samarkand dan Baghdad. Titik penting perkembangan kertas terjadi pada tahun 1799, ketika Nicholas Louis Robert, seorang berkewarganegaraan Perancis mendapatkan paten mesin kertas yang mampu memproduksi kertas gulungan. Kemudian, pada tahun 1830 dan 1840, Charles Fenerty dan Fredrich Gottlob Keller mencoba memanfaatkan bahan kayu untuk membuat bubur kertas ..

Setelah memahami sedikit cerita asal mula kertas, saya pun mulai mengamati detail kertas-kertas yang dipajang di etalase sederhana pameran tersebut ..

IMG_0171_2

Macam-macam ! Mulai dari koran lawas, dokumen-dokumen kuno, iklan tempelan jaman dahulu kala, komik legendaris, hingga kartu pos djadoel. Menarik, bukan hanya karena tulisan yang tercetak di kertas-kertas djadoel tersebut berejaan lama, tapi juga lembarannya sudah berwarna kekuningan. Benar-benar mencerminkan jejak sejarah ..

page2_2

Oh ya, ada satu hal yang unik dan menarik perhatian saya ..

IMG_0175_2

Beberapa sosok Danbo saya temukan di antara deretan lembaran-lembaran kertas djadoel itu. Iya, Danbo yang begitu fenomenal penjualannya di Amazon.com, berdiri innocent disana. Istimewanya, Danbo tersebut merupakan buatan tangan teman-teman di Komunitas OASE Semarang. Bahan dasarnya kardus dan kertas koran, sementara detailnya memanfaatkan bagian dari majalah, poster atau produk dari kertas lain yang eye catching. Lucu .. 😉

Sip ! Kita tunggu bersama ya, event djadoel apa lagi yang akan digelar oleh teman-teman di Komunitas OASE Semarang. Semoga konsisten menjaga jejak sejarah yang pernah ada. Pun saya, semoga saya konsisten mengikutinya satu demi satu ..

***

2 thoughts on “Tebaran Kertas-Kertas Djadoel ..

  • March 6, 2013 at 22:18
    Permalink

    Itu komik jadulnya masih ada? Pengen baca yg Megaloman..

    Reply
  • March 7, 2013 at 16:00
    Permalink

    @ bee : Ya kalo kemaren masih, Bee, ngga tau kalo sekarang .. Xixixixi .. 😉

    Reply

Leave a Reply

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox:

%d bloggers like this: