Mangut Beong Kembanglimus, Pedas dan Nikmatnya Maksimal !

Masih merupakan rangkaian perjalanan ke Magelang, awal April lalu ..

Setelah menuruni Bukit Setumbu dan Bukit Rhema, saya dan teman-teman pun kelaparan. Chan dan Kiki menyarankan untuk icip-icip kuliner khas Borobudur, yang pasti tidak mudah ditemui di tempat lain, bahkan di Kota Magelang sekalipun, yaitu Mangut Beong ..

IMG_0990

Tempat makan sederhana bernama Warung Sehati ini terletak di Desa Kembanglimus, Borobudur, tepat di tepi Jalan Raya Borobudur – Salaman. Warung ini memiliki menu khas olahan Beong yang pedasnya keterlaluan, pun nikmatnya !

Lalu, apa sih Beong itu ?

Beong adalah ikan endemik Sungai Progo, bentuknya sangat mirip dengan ikan lele, hanya saja ukurannya raksasa. Bagaimana tidak, berat seekor Beong bisa mencapai 5 kilogram. Tekstur daging Beong tebal, tidak mumpyur dan gurih bukan main. Di warung ini, Beong diolah dengan bumbu mangut yang sudah dapat dipastikan kelezatan dan kepedasannya. Hahaha ..

Sebenarnya yang banyak dicari orang adalah Mangut Kepala Beong, namun bagi saya yang selalu menyerah nguthak-uthik kepala ikan, sepertinya bagian badan Beong akan membuat saya lebih fokus menikmati nikmatnya Mangut Beong. Benar saja, saat sepiring nasi hangat nan pulen, plus sepotong badan Beong yang disiram kuah mangut berwarna merah menyala, tanpa basa basi saya menyambarnya habis ..

IMG_0991

Tanpa henti, saya huhah huhah kepedasan, keringat pun mengucur deras, tapi sumpah deh, indera pengecap saya benar-benar dimanjakan oleh citarasa Mangut Beong Kembanglimus ini ..

Oh ya, Mangut Beong ini punya teman akrab yang akan menambah para penikmat kuliner ketagihan kembali lagi kesini, yaitu Trancam. Ada yang tidak paham apa itu Trancam ? Hmm, itu lho, semacam urap yang terdiri dari cacahan kubis, mentimun dan kecambah, plus parutan kelapa berbumbu. Ngga tahu kenapa, bagi saya, Trancam ini pun wuenak-nya keterlaluan. Saya sampai minta tambah, mungkin selain memang enak, Trancam ini seperti menetralkan rasa pedas yang disuguhkan Mangut Beong ..

Pokoknya enaaakkk .. :9

Lalu berapakah harga per porsinya ?

Huhuhu .. Saya lupa berapa pastinya, tapi kalau tidak salah ingat, kami makan berdelapan *plus driver* habisnya 130K IDR. Murah kan ?

Jadi, kalau pas berkunjung ke Magelang, luangkan waktu melipir ke Kembanglimus ya. Rasakan sensasi makan Mangut Beong yang yummy banget di Warung Sehati ini .. 😉

*err, saya mendadak lapar, pengin ngesot ke Kembanglimus juga, huhuhu, jauhnyaaa ..*

***

Notes : Testimoni lain tentang yummy dan pedasnya Mangut Beong,
dapat dinikmati juga di SANA dan SINI

8 thoughts on “Mangut Beong Kembanglimus, Pedas dan Nikmatnya Maksimal !

  • July 1, 2013 at 14:36
    Permalink

    @ mas cumi : Hayuk ke Magelang, Mas. Nanti tak temenin makan siang di Kembanglimus. Hehehehe .. 😉

    Reply
  • July 2, 2013 at 18:34
    Permalink

    @ sapar : Eh, jangan salah, Mangut Beong bersahabat buat gigi berbehel kok. Dont worry, Par .. 😉

    Reply
  • July 3, 2013 at 08:08
    Permalink

    mbak azizah magelangnya mana? siapa tau bisa mampir kalo kesana 😉

    Reply
  • July 3, 2013 at 20:02
    Permalink

    @ isna : Domisili sehari-hari di Semarang, jarang banget pulang ke Magelang, Isna. Rumahku di Kelurahan Kramat Utara .. 😉

    Reply

Leave a Reply

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox:

%d bloggers like this: