Perempuan Harus Cantik !

the_beautiful_eyes_2

ilustrasi saya pinjam dari SINI

Masih segar dalam ingatan, semesta social media dihebohkan dengan gelombang penolakan penyelenggaraan kontes ratu-ratuan bertaraf internasional, Miss World 2013. Ya, Indonesia, tepatnya Bali, memang mendapat kehormatan untuk menjadi host beauty pageant ini, di putarannya yang ke-63. Event yang diikuti oleh kurang lebih 130 kontestan dan diprediksi akan ditonton oleh tidak kurang dari 2 miliar penduduk dunia ini ditentang oleh banyak pihak. Miss World dituding sebagai ajang eksploitasi kemolekan tubuh perempuan semata, serta rentetan isu miring lainnya ..

Jujur, saya tidak turut dalam pasukan frontal tersebut. Saya tidak serta merta menganggap ratusan boneka Barbie hidup *begitu saya sering menyebut para kontestan, habis cantiknya nyaris tidak masuk akal, too perfect to be real* yang berlenggak-lenggok di atas catwalk itu sedang dilucuti kewanitaannya atau sekedar dinilai dari kemolekan tubuhnya saja. Sebagai perempuan yang mustahil berada di ajang serupa, saya percaya, ada hal berkualitas lain yang menjadi bahan penilaian dan pertimbangan hingga seseorang berhak menyandang gelar Miss World, bersunting tiara di kepalanya ..

Namun, sedemikian sajakah saya memandang kaum saya ?

Alhamdulillah tidak ..

Menurut saya, setiap perempuan harus cantik, karena pada dasarnya semua perempuan cantik. Kecantikan tidak terbatas pada satu dua kesan, misal : bertubuh langsing, berpostur tinggi, berkulit putih, berambut panjang dan bla bla bla lainnya. Itu kan menurut Anda, menurut masyarakat di belahan lain dunia, bisa saja perempuan bertubuh gemuk lah yang menawan. Atau yang berkulit hitam legam, yang mencuri perhatian, bisa saja, bukan ?

Kecantikan itu unik, tidak dapat disamai satu sama lain. Kecantikan harus dimunculkan lewat tingkah laku yang elegan, pemikiran yang cemerlang dan lisan yang tidak mengucap sembarangan. Kecantikan pun harus selalu dipelihara, bukan memelihara kemalasan untuk sekedar mandi sehari dua kali saja ..

Saya percaya, saat seorang perempuan menyadari kecantikannya, lalu mampu memunculkan dan memeliharanya, tingkat kepercayaan dirinya pasti relatif tinggi. Mereka akan dengan senang hati mengasah potensi sesuai porsinya masing-masing ..

Perempuan sebagai ibu bagi manusia ..

Ia harus mampu memberi kasih sayang yang sempurna bagi anaknya, bahkan sejak dalam kandungan, seperti memperhatikan asupan nutrisi dan berhati-hati dalam keseharian, demi keselamatan jabang bayi. Ia juga dituntut bisa memberikan pendidikan yang baik bagi anaknya, tidak semata-mata urusan akademis, namun lebih padapembentukan karakter dan akhlak. Apa lagi ? Rasanya, peran ibu tidak akan habis jika diulas dalam tulisan ini. Banyak sekali ..

Perempuan sebagai pekerja ..

Tidak dipungkiri, di era modern ini banyak sekali perempuan yang terjun ke dunia kerja. Meski kelonggaran yang harus diberikan lebih banyak, seperti cuti woman period, cuti melahirkan dan ijin pumping ASI, toh pekerja perempuan tetap ada diberi tempat oleh pemberi kerja. Peran perempuan di dunia kerja pun tidak dapat digaris lagi sebatas pekerjaan-pekerjaan lemah, job detail nyaris sama dengan apa yang dikerjakan pria *kecuali untuk special case, seperti pekerja tambang, kuli bangunan dan sebagainya* ..

Perempuan sebagai usahawan ..

Wah, peran ini pun semakin menjamur sekarang .. Banyak sekali kita jumpai tokoh-tokoh pengusaha sukses dengan gender perempuan. Mereka menyusun usaha dari titik nol, hingga kesuksesan akhirnya menyapa. Mereka memulai dari tidak punya apa-apa, hingga kini segala kemudahan ada di tangan. Istilahnya, from zero to hero ! Perempuan-perempuan ini bukan hanya memberikan ruang bagi potensi dirinya, tapi juga menyediakan lapangan kerja bagi orang lain ..

Dalam konteks Indonesia saja, perempuan menempati nyaris separuh dari keseluruhan populasi. Bayangkan, jika sebagian besar dari mereka menyadari kecantikannya, percaya diri menunjukkan potensinya dan mampu berdaya di semua sisi kehidupan. Seberapa besar kualitas hidup yang akan terangkat akibat peran perempuan ? Anak-anak dengan kualitas jiwa raga yang baik, keluarga harmonis yang memberikan aura positif bagi setiap anggotanya, roda ekonomi yang bergerak dengan kualitas yang lebih baik ..

Jadi, semua perempuan harus cantik, karena kodrat setiap perempuan terlahir cantik ..

Cantik raga, bisa dimaknai sesederhana memahami tubuh yang bersih, sehat dan menyenangkan bagi semua orang yang berada di dekatnya. Cantik jiwa, bisa dimaknai semudah menandai pikiran yang cemerlang, hati yang tulus, lisan yang tertata dan sikap yang elegan ..

Sepakat ? 😉

***

profile_ga

tulisan ini disusun untuk meramaikan event 2nd Giveaway #PerempuanKeumala

7 thoughts on “Perempuan Harus Cantik !

  • September 15, 2013 at 20:57
    Permalink

    @ perempuan keumala : Sama2, Mbaaa .. Ah, mau ikut dong, nyari jejak Gayatri .. 😉

    Reply
  • December 27, 2013 at 15:08
    Permalink

    sepakat…..hai zizou ga sengaja buka fb liat updetan blogmu. kubaca deh akhirnya setelah sekian lama tdk membacanya. selalu segar Dan enak dibaca.

    Reply
  • December 27, 2013 at 15:19
    Permalink

    @ icha : Hai, Cha, apa kabar ? Long time no contact nih, kangen jugaaa .. *peluk*

    Alhamdulillah kalo suka, matur nuwun sudah berkunjung dan meninggalkan jejak. Jangan bosen yaaa .. 😉

    Reply

Leave a Reply

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox:

%d bloggers like this: