Leker Paimo, Jajanan Ngehits di Semarang ..

Selama tinggal di Semarang, tidak saya pungkiri bahwa kulinari di kota ini sangat beragam. Mulai yang kelas angkringan, hingga level hotel bintang lima, semua ada dan *hampir* semua terasa enak di indera pengecap saya. Setelah beberapa waktu yang laluΒ Nasi Pecel Yu Saji dan Mr. Pancake yang menjadi rekomendasi, kali ini giliran jajanan ringan, yang cocok dicemil setelah makan siang ..

paimo 2

Namanya Leker Paimo ..

Leker sebenarnya berasal dari kosa kata Belanda lekker, yang berarti enak atau nikmat. Namun, bagi Paimo, leker adalah sebuah kudapan ringan hasil inovasinya dengan bentuk mirip crepes, berbahan dasar tepung terigu dicairkan, kemudian dibentuk lempengan diatas loyang bulat dan dibubuhkan macam-macam topping. Tidak terlalu melenceng dari bahasa asalnya sih, karena rasa leker ini memang enak dan nikmat. Ahahahaha ..

Paimo biasa menjajakan leker legendarisnya di Jl. Karanganyar, tepat di depan SMU Kolose Loyola, Semarang. Jangan heran, leker ini memang hanya dijajakan di pinggir jalan, mengambil lapak di atas trotoar dan bermodalkan sebuah sepeda yang dimodifikasi sedemikian rupa saja. Namun pembelinya, beuh, selalu berjubel. Tidak jarang parkir motor dan mobil mereka sampai menghambat lalu lalang kendaraan di jalan tersebut ..

paimo 3

Apa yang membuat Leker Paimo begitu kondang ? Bahkan sampai saya temui di situs rekomendasi perjalanan berkelas internasional, Trip Advisor ..

Leker Paimo memang beda, rasa yang ditawarkan begitu beraneka ragam. Mulai dari topping yang standar : coklat, susu, keju, pisang dan kombinasinya, sampai yang tidak biasa : sosis, tuna, telur, keju mozzarella dan kombinasinya. Harganya memang tidak semurah crepes abal-abal, Paimo menjual lekernya mulai rentang harga Rp. 1000 hingga Rp. 15.000. Namun berkat inovasi, keunikan cara jual *Paimo sama sekali tidak berminat membuka cabang, tidak eksklusif lagi, begitu katanya* dan gaya jualannya yang khas *semacam sok kenal sok dekat dan berbumbu aneka macam joke-joke garing*, Leker Paimo berhasil menempatkan diri sebagai salah satu kuliner Semarang yang wajib dicoba oleh siapapun yang datang ..

paimo 4

Jam buka Leker Paimo pun cukup panjang, sejak pagi, hingga menjelang petang. Tangan Paimo, dibantu beberapa orang asisten, sangat lincah mengadoni tepung terigu cair hingga membentuk crepes dengan macam-macam isian ..

paimo 1

Memang harus sabar jika ingin mencicip selembar dua lembar Leker Paimo, antrian biasanya menggila, terutama di jam-jam makan siang atau pulang sekolah. Namun jangan khawatir, worth it kok .. πŸ˜‰

Yuk mampir ke Semarang dan mencoba jajanan ngehits disini, Leker Paimo ..

***

10 thoughts on “Leker Paimo, Jajanan Ngehits di Semarang ..

  • November 11, 2013 at 21:57
    Permalink

    Mau ah mampir ksini jg klo pas ke Semarang πŸ˜€
    *doyan leker*

    Reply
  • November 12, 2013 at 18:46
    Permalink

    @ mba dian : Hayuk lah, kapan jadinya mo ke Semarang ? *colek Mba Yusmei* πŸ˜€

    Reply
  • November 28, 2013 at 20:49
    Permalink

    @ hamid : Kayanya bajunya Pak Paimo sak seri podho kabeh, Pak. Hahahaha .. πŸ˜‰

    Reply
  • January 15, 2014 at 16:55
    Permalink

    wahh gede ya mbak lekkernya. kalo di jember kecil2 mb

    Reply
  • January 15, 2014 at 18:14
    Permalink

    @ ainun : Lumayan siy ukurannya, diameter 10 cm gitu deh .. πŸ˜‰

    Reply
  • January 26, 2014 at 10:14
    Permalink

    Udah lupa kapan terakhir kali ke sini, kayaknya terakhir sama gebetan di Semarang. Aha!

    Reply
  • January 26, 2014 at 10:33
    Permalink

    @ ariev : Hwahahaha .. Sayang kalo Minggu ngga jualan ya dia, Riev, jadi kalo pas mudik gini ngga bisa ngesot kesana .. πŸ˜‰

    Reply
  • February 15, 2014 at 09:23
    Permalink

    mbaaaaaaakkk… Selama 2 tahun di Semarang (di Tembalang tepatnya) ga tau ada beginian. Katanya sampe yang antri2 gt ya????

    Reply
  • February 15, 2014 at 20:55
    Permalink

    @ mba indah : Lha selama di Semarang, Mba Indah belajar terus kali, sampe ngga pernah turun, di Tembalang terus. Hehehehe .. Makanya, ayo ke Semarang lagi, tak anterin antri di Paimo deh .. πŸ˜‰

    Reply

Leave a Reply

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox:

%d bloggers like this: