Lamaru, Pantai Keluarga di Tepian Balikpapan ..

Meski sudah berkali-kali datang, saya masih saja mengernyitkan kening dan mencari-cari jawaban ketika ditanya tentang wisata di Balikpapan. Sekalipun saya belum pernah ke Bukit Bangkirai yang populer dengan jembatan tajuk gantungnya. Saya juga alpa jika ditanya tentang Tritip, tempat penangkaran buaya yang cukup tersohor di Kalimantan ..

Kenapa ? Jujur, Balikpapan selalu membuat saya terjebak di comfort zone : rumah dinas – mall – tempat makan – rumah kerabat. Itu saja ! Hahaha ..

20131013_100700

Nah, medio Oktober lalu, mungkin Mas Bojo agak ngenes melihat saya yang selama hampir 5 tahunΒ wira-wiri Jawa – Kalimantan hanya stuck di seputaran Kota Balikpapan saja. Diajaknya lah saya sedikit melipir ke luar kota, ada sebuah spot wisata bernama Pantai Lamaru. Kebetulan ada acara mini family gathering kantor Mas Bojo disana, sekedar bakar-bakar ikan dan makan siang bersama. Asyik !

Pantai Lamaru terletak kurang lebih 25 km ke arah Timur Laut Kota Balikpapan. Gerbang masuknya berada di antara Pantai Manggar dan tempat penangkaran buaya, Tritip. Tiket masuknya terbilang cukup mahal, 10K IDR per orang, masih ditambah dengan biaya parkir kendaraan sebesar 5K IDR. Awalnya saya agak menggerutu,

Kok ya mahal betul masuk ke pantai saja .. “.

Bayangan saya, Pantai Lamaru tidak jauh berbeda kondisinya dengan Pantai Manggar, yang pernah saya kunjungi sekian tahun lalu. Biasa saja. Tidak terlalu istimewa ..

20131013_094644

But, voilaaa ..

Saya terkejut ketika motor mulai memasuki area pantai. Deretan pohon cemara udang cukup rapat mengisi dataran landai, membuat suasana menjadi begitu teduh dan menyenangkan untuk leyeh-leyeh. Beberapa unit bangunan terlihat dalam kondisi sangat baik, difungsikan untuk sentra loket permainan, kantin, musholla, toilet dan perkantoran. Bentangan garis Pantai Lamaru pun terbilang cukup panjang, kurang lebih 2 km, mulai dari daerah Batakan hingga Tritip. Warna butir pasirnya putih, level kebersihan juga lumayan ..

Benar-benar di luar dugaan !

lamaru page1

Bagi saya, tidak berlebihan jika Pantai Lamaru disebut sebagai objek wisata keluarga. Sangat children friendly. Anak-anak bebas bermain pasir, bahkan air laut. Pun, kalau bosan, mereka bisa beralih menunggang kuda atau putar-putar kompleks pantai menggunakan semacam golf car. Sementara anak-anak asyik menikmati permainan, para orang tua bisa bakar-bakar ikan atau sekedar bersantai menikmati semilir angin, sambil memandang Selat Makassar yang membentang di hadapan pandang. Surga ..

Oh ya, selama berada disana, beberapa kali saya melihat speed boat melintas dengan kecepatan sedang, sembari menarik banana boat. Hanya saja saya tidak tahu pasti berapa biaya sewanya, ngga nanya .. πŸ˜‰

Hmm, ciri bentang alam yang bersahabat, lokasi yang tidak terlalu jauh dari kota dan kelengkapan fasilitas adalah syarat wajib suatu objek wisata bagi keluarga. Setuju ?

Dan, di Kota Balikpapan, Pantai Lamaru lah jawabannya .. πŸ˜‰

2013-10-13 17.58.17

***

10 thoughts on “Lamaru, Pantai Keluarga di Tepian Balikpapan ..

  • December 19, 2013 at 12:28
    Permalink

    aku pun bacanya juga kamaru
    *goyang chaiya chaiya*
    πŸ˜€

    Reply
  • December 19, 2013 at 21:56
    Permalink

    @ fahmi & sapar : Hih, kalian kok kompakan sihhh .. Lamaru tauuukkk .. *pecut satu2* πŸ˜‰

    @ isna : *kemudian ikutan goyang chaiya chaiya*

    Reply
  • December 26, 2013 at 13:39
    Permalink

    @ isna : Maaf yeee, ngga minat sama goyang2 alay begitu ..

    Reply
  • December 27, 2013 at 09:31
    Permalink

    Borneo, belom kesana… ah, ngiriiiiii… (lalu nganan)

    Reply
  • December 27, 2013 at 10:30
    Permalink

    @ mba nurul : Ayo injakkan kaki di Kalimantan, Mbaaa .. (^o^)9

    Reply
  • January 26, 2014 at 10:30
    Permalink

    @ outbond malang : Iya, cocok untuk liburan santai sama keluarga .. Btw, terima kasih sudah berkunjung .. πŸ˜‰

    Reply

Leave a Reply

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox:

%d bloggers like this: