#GAWisataDaerahmu : Yang Unik dan Menarik Untuk Dilirik ..

Jombang ..

IMG_6077_2

Nampaknya, salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur ini tidak terlalu populer sebagai destinasi wisata. Beberapa orang yang mengetahui saya akan mengunjunginya, mengernyitkan kening, sambil bertanya,

Memangnya ada apa di Jombang ?

Saya mengedikkan bahu, seraya tertawa. Jujur, mulanya, saya tidak terlalu paham, ada apa saja di Jombang. Saya hanya berniat untuk ziarah ke makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan bertemu dengan selebritis lokal paling cetar membahana di Jombang, Alid Abdul. Selebihnya, as ussual, saya percaya setiap perjalanan pasti punya kejutan masing-masing bagi Sang Pejalan. Dan, saya juga percaya bahwa setiap daerah memiliki hal unik dan menarik untuk dilirik ..

Keniscayaan saya tersebut, terbukti .. ๐Ÿ˜‰

Please welcome, inilah hal-hal unik yang dimiliki Jombang dan menarik untuk dilirik ..

Landmark : Ringin Conthong

Ringin Conthong merupakan spot yang begitu lekat dengan Kota Jombang. Terletak di pertemuan 4 ruas jalan, yaitu Jl. Gus Dur, Jl. Wachid Hasyim, Jl. A. Yani dan Jl. Seroja, hingga menyebabkan lokasinya begitu strategis ..

IMG_6072_3

Seperti ia dinamai, Ringin Conthong adalah sebatang Pohon Beringin, berdaun lebat, dahan-dahannya menjuntai, sampai membentuk semacam kanopi alami. Sementara, tepat di sebelahnya, berdiri kokoh sebuah watertoren atau menara air buatan Belanda. Menyaksikannya, saya sempat berkelakar pada Alid,

Mirip watertoren-nya Magelang, Lid, cuma ini versi rampingnya ..

Karena, ya, detailย watertoren ala Jombang ini nyaris sama dengan watertoren kebanggaan Kota Magelang. Bedanya hanya lebih langsing saja. Beda warna juga sih .. ๐Ÿ˜‰

Beruntunglah saya, yang saat itu diantar Alid putar-putar Jombang. Berfoto di depan Ringin Conthong menjadi begitu mudah, dia paham dimana titik terbaik agar landmark Jombang tersebut terlihat utuh. Yeay,ย alhamdulillah ..

Wisata Rohani : Pondok Pesantren Tebuireng

Di tengah euforia para santri untuk mempelajari ilmu agama inilah, jasad KH. Abdurrahman Wahid atau yang biasa disapa Gus Dur bersemayam. Selain Gus Dur, KH. Hasyim Asya’ri, yang tak lain adalah kakek kandung Gus Dur, juga dimakamkan disini ..

IMG_6022_2

Pondok Pesantren Tebuireng, yang terletak di Kecamatan Cukir ini nyaris tidak pernah sepi dari peziarah. Di sepanjang jam bukanya, yaitu 07.00 – 16.00 dan 20.00 – 04.00, orang-orang silih berganti di dalam kompleks pemakaman, untuk mengirim doa bagi 2 tokoh nasional tersebut ..

Sempat tersirat di kepala saya,

Masya Allah, Gus Dur begitu dicintai, bahkan hingga saat Beliau wafat, banyak sekali orang yang berebut ingin mendoakannya, kompleks pemakamannya pun mendatangkan rejeki bagi masyarakat sekitar ..

Tempat terbaik untukmu di sisi Allah, Gus ..

Wisata Sejarah : GKJW Mojowarno

Jelang siang, Alid membawa saya jauh keluar dari keramaian Jombang. Kurang lebih 30 menit, saya berkendara ke arah Tenggara. Tujuan kami adalah Gereja Kristen Jawi Wetan Mojowarno ..

IMG_6037_2

Bangunan yang telah berusia lebih dari 1 abad ini merupakan Gereja Kristen Jawi Wetan tertua di Indonesia. Sebab itulah, wilayah Mojowarno merupakan pusat perkembangan ajaran Agama Kristen di tepian Jombang, yang identik dengan Agama Islam ..

Arsitektur GKJW Mojowarno mengadopsi gaya neo gothic, pilar-pilar besarnya mengingatkan saya pada struktur kuil-kuil Yunani kuno. Beberapa ornamen tambahan, sebagai pertanda bahwa akulturasi dengan budaya Jawa berhasil dilakukan, terlihat di beberapa bagian gereja. Altar berukir Aksara Jawa, salah satunya. Bangku-bangku kayu jati dan lampu gantung pun masih terlihat kokoh, meski umurnya renta ..

IMG_6043_2

Satu lagi, GKJW Mojowarno memiliki sebuah tradisi tahunan, bernama Unduh-unduh. Kegiatan yang digelar setiap Bulan Mei ini merupakan ungkapan kebahagiaan para petani setelah musim panen tiba. Biasanya, arak-arakan kendaraan berhias aneka macam hasil pertanian akan menarik perhatian ribuan orang untuk datang ke Mojowarno ..

Wisata Belanja : Kerajinan Manik Gudo

Saya sempat menanyakan pada Alid mengenai kerajinan khas yang dimiliki Jombang. Saya pikir tidak ada. Ya, paling pol gantungan kunci atau kaos lokal. Ternyata anggapan saya salah ..

IMG_6059_2

Jombang mempunyai sentra kerajinan manik-manik, yang terletak di Desa Gambang, Kecamatan Gudo. Manik-manik tersebut berbahan dasar kaca, pengolahannya masih tradisional dan dikerjakan sendiri oleh masyarakat setempat di rumah. Rangkaian manik-manik pun bermacam-macam, mulai dari kalung, gelang, ikat pinggang, hingga bros. Ingin berkreasi sendiri ? Jangan khawatir, manik-manik yang masih berbentuk butiran lepas juga banyak dijual disana ..

Selain model dan perpaduan warna yang menarik, manik-manik Gudo ini begitu menggoda, karena harganya yang super duper murah. Bayangkan, untuk serangkai kalung dengan panjang sedang, saya hanya perlu menebus dengan 12K IDR saja. Alhasil, saya kalap belanja kerajinan manik-manik ini .. ๐Ÿ˜‰

Wisata Kuliner : Nasi Kikil Bu Tandur dan Es Degan Alpokat

Nah, ini nih bagian paling menyenangkan di setiap perjalanan : KULINERAN !

Apa yang enak di Jombang ? Nasi Kikil Bu Tandur, yang terletak di bilangan Mojosongo, adalah salah satunya. Saat saya sampai disana, warung sederhana berwarna kuning itu tampak ramai oleh pengunjung. Ah, tanda tempat makan enak memang selalu begitu, bukan ?

page2_2

Nasi Kikil disajikan dalam pincuk daun, potongan kikil terlihat menggoda di atas nasi putih yang masih mengepul asapnya. Pendamping serasi Nasi Kikil adalah sayur labu dan potongan daging goreng. Yummy. Meski akhirnya tidak habis, karena porsi jumbonya, saya cocok dengan Nasi Kikil ini. Enak, ngga eneg dan ngga ada bau-bau aneh, yang biasanya menguar dari potongan kikil .. ๐Ÿ˜‰

Itu menu makanannya ..

IMG_6065_2

Untuk minuman, andalan Jombang adalah Es Degan Alpokat. Gerobag-gerobag penjualnya dapat dengan mudah dijumpai di depan GOR Merdeka, Jl. Gus Dur. Meski ala kaki lima, Es Degan Alpokat ini enak dan segar disantap siang-siang. Duh, ngeces .. ๐Ÿ˜€

***

See, Jombang punya banyak hal unik, yang menarik untuk dilirik ya. Pasti begitu pula dengan daerahmu masing-masing, Teman. Cerita dan bagikan disini yuk ! Jangan sungkan, karena dengan begitu, kita sudah berperan serta mempromosikan potensi wisata lokal. Semudah itu ! Keren, kanย ?

Caranya gampang banget euy :

  • Peserta berdomisili di INDONESIA.
  • Ceritakan secara singkat via kolom komentar posting-an ini, tentang hal unik dan khas yang menjadi daya tarik wisata di daerahmu masing-masing (wilayah NKRI saja ya). Bisa tentang landmark, wisata alam, wisata sejarah, wisata kuliner, wisata belanja, wisata rohani. Apapun. Bebas !
  • Lengkapi jawaban kamu dengan Nama, Akun media sosial (untuk saya hubungi, jika kamu menang), Domisili dan Alamat blog (untuk tambahan referensi blogwalking saya).
  • Mau dilengkapi dengan foto ? Boleh banget ! Sertakan saja link fotonya, nanti akan saya bagikan di linimasa Twitter.
  • Share posting-an giveaway ini melalui media sosial Twitter dan/atau Facebook, lengkapi dengan hashtag #GAWisataDaerahmu, mention dan follow akun saya @noerazhka (untuk Twitter).

Contoh : Wah, @noerazhka lagi gelar #GAWisataDaerahmu nih >> http://www.noerazhka.com/?p=2711, ikutan yuk, Gaes !

  • Seluruh cerita yang masuk, akan saya bagikan lewat linimasa Twitter dan mention akun kamu. Ini adalah tujuan utama dari diadakan #GAWisataDaerahmu, yaitu saling berbagi informasi di media sosial tentang potensi wisata daerah masing-masing.
  • Giveawayย ini berlangsung mulai dari tanggal 26 Januari 2015 – 14 Februari 2015.
  • Semua peserta yang memenuhi syarat, akanย diundi untukย menentukan pemenang. Isi cerita akan menjadi pertimbangan utama.
  • Pengumuman dilakukan beberapa hari setelah deadline.

Hadiahnya :

1422265914363

Dua Kaos GOJEG, yang Semarangan banget (bisa pilih ukuran), bagi 2 pemenang yang beruntung. Plus, kerajinan manik-manik dari Gudo, Jombang, biar kamu ngga cuma penasaran dengan cerita saya di atas. Hehehe .. ๐Ÿ˜‰

Mudah sekali, bukan, caranya ? Makanyaaa .. Ayo ikutaaannn !

ย ***

Another #GAWisataDaerahmu, ramaikan juga yaaa ..

#GAWisataDaerahmu : Makanan Unik dari Daerahmu !Olenka Priyadarsani
#GAWisataDaerahmu : Potensi Wisata yang Unik dari DaerahmuAri Murdiyanto
#GAWisataDaerahmu : Yuk, Kenalkan Wisata Khas DaerahmuYusmei Sawitri
#GAWisataDaerahmu : Sentra Industri yang MemikatHalim Santoso
#GAWisataDaerahmu : Memory Djadoel DaerahmuDanan Wahyu Sumirat
#GAWisataDaerahmu : Wisata yang Seru di JombangAlid Abdul
#GAWisataDaerahmu : Perayaan Unik di DaerahmuCitra Rahman
#GAWisataDaerahmu : Hati-hati dengan Batik MurahDan Sapar
#GAWisataDaerahmu : Oleh-oleh Produk LokalDian Rustya
#GAWisataDaerahmu : Gunung Terdekat JangkauanmuAcentris
#GAWisataDaerahmu : Ode Untuk Daerah dan WisatanyaYofangga
#GAWisataDaerahmu : Oleh-oleh Khas dan UnikIsna Nugraha

37 thoughts on “#GAWisataDaerahmu : Yang Unik dan Menarik Untuk Dilirik ..

  • January 26, 2015 at 22:40
    Permalink

    @ mba feb : Ahak, aku agak telat nih postingnya, Mba. Tadi siang ngga bisa disambi kerjaannya. Hehehe. Nanti, kalo udah ada yang bagi-bagi cerita, aku share deh .. ๐Ÿ˜‰

    Reply
  • January 27, 2015 at 08:00
    Permalink

    Ikutan ya, mba. ๐Ÿ˜€

    Nama : Ila Rizky
    Twitter : @ila_rizky
    Domisili : Tegal
    Blog : http://ilarizky.com

    Potensi wisata di Tegal yang terkenal yaitu pemandian air panas di Guci. Guci sebenarnya masuk ke kawasan kabupaten Tegal. Kalau di kotanya ada pantai alam indah, ada juga pantai dekat pelabuhan. Untuk yang suka mampir ke pemandian air panas, di sini bisa sekalian main ke kebun strawberry dan juga menikmati hidangan khas sate kelinci. Kalau mau belanja buah juga bisa, ada banyak yang dijual dengan harga murah. Kalau merasa kesulitan bawa belanjaan bisa menyewa anak cilik yang menawarkan jasa jual kantung kresek dari karung plastik dan membawakannya. Trus, yang paling menyenangkan bisa makan pecel dengan ditambahi tempe mendoan. Di udara dingin yang menusuk tulang, makanan sedap seperti ini menambah kenikmatan jalan-jalan seharian di Guci.

    Untuk foto pemandian air panas di Guci bisa dilihat di sini

    http://ilarizky.com/backpacker-pemandian-air-panas-guci-tegal/

    Reply
  • January 27, 2015 at 10:11
    Permalink

    Peserta Pertama ya…. Yeay!!! Lalu… setelah nulis lima tulisan di #GAWisataDaerahmu sekarang sampai pada batasnya… mumet wis :)))

    Nama: Cak Oyong
    Akun Twitter: @cakoyong
    Blog: http://cakoyong.blogspot.com/
    Domisili: Jember

    Sebenarnya yang unik di Jember itu ya bahasa njemberannya, yaitu bahasa percampuran jawa, madura dan indonesia. Tapi gak mungkin jadi destinasi wisata kan :))) karena kalau tertarik bisa mengakibatkan hal-hal yang diinginkan #Eh
    Jadi nulisnya ikutan contoh diatas saja karena kebetulan Jember juga punya landmark yang mirip persis dengan contoh landmark diatas. Yup, Menara Air yang berada di Pasar Tanjung merupakan landmark Jember sejak jaman Penjajahan Belanda. Dibangun pada tahun 1932 oleh Perusahaan Air Minum milik Pemerintahan Belanda. Bangunan tinggi menjulang ini kerap diabadikan oleh para fotografer dan dijadikan desain kaos jemberan. Untuk lebih leluasa memotretnya kita bisa melewati tangga menuju lantai dua disebelah kantor dinas pasar unit pasar tanjung di pojok sebelah barat jalan.
    Jika berkunjung ke Jember dan suka blusukan ke pasar tradisional, sempatkanlah memotret Menara yang dulunya dijuluki Watertoren te Djember ini

    Reply
  • January 27, 2015 at 11:31
    Permalink

    5 bulan hidup di Jombang aku ngapain aja ya, kok cuma tau Tebu ireng doank :DDDD

    Reply
  • January 27, 2015 at 20:38
    Permalink

    Saya ndaftar dadi peserta wae yo mbak ๐Ÿ˜€

    Nama: Rifqy Faiza Rahman
    Twitter: @anandarifqy
    Facebook: Rifqy Faiza Rahman

    Sebenarnya aktivitas berikut belum banyak yang mencoba. Termasuk saya. Karena itu, patut dilirik dan jadi alternatif wisata baru jika berkunjung ke Pacitan. Bakalan jadi pengalaman unik bagi siapapun, termasuk saya nantinya. Aktivitas yang unik tersebut adalah bersepeda sejauh kurang lebih 20 km menyusuri Jalan Lintas Pacitan (JLS). Jalan yang mulus, berkelok naik dan turun menantang dan menguji fisik. Selain dihibur pemandangan sawah hijau yang segar, juga disuguhi pantai selatan ketika memasuki daeran Pantai Soge, Sudimoro, lalu melintasi Jembatan JLS yang unik itu. Waktu bersepeda tentu pagi2 sekali saat udara segar masih terasa.

    Link foto:
    a. https://lh5.googleusercontent.com/-npTLrWi_X4c/UmUcfh13X5I/AAAAAAAABc4/kHTdufW1H1Y/w883-h589-no/pacitan4.JPG
    b. https://lh4.googleusercontent.com/-r3HG6we7zCg/UmUcHxnl7HI/AAAAAAAABcw/uTuL68tO0eU/w883-h589-no/pacitan2.JPG

    Sudah, itu saja, haha ๐Ÿ˜€

    Reply
  • January 28, 2015 at 07:37
    Permalink

    Nama FB : Annisa Ziza Diansita
    Blog : zeelecious.wordpress.com

    Ikutan ya Zou, walaupun gak yakin ini termasuk tulisan yang kau maksud, hehe..

    Beberapa waktu lalu, gw berkunjung ke Palembang. Karena niatnya memang bukan travelling, maka akhirnya gw muter-muter Palembang dengan arah yang kurang sistematis, hanya sekedar mencari tempat ngadem dari panasnya kota ini.
    Alhamdulillah kami beloknya kok ya tempat yang baik, Masjid Sultan Mahmud Badaruddin I atau lebih dikenal dengan nama Masjid Agung Palembang.
    Gaya bangunannya yang kaya perpaduan seni Eropa, Cina, dan Indonesia serta ke kunoannya yang terawat baik menjadikan tempat ini layak disinggahi untuk pelancong Palembang, apalagi bagi muslim, dianjurkan untuk mampir sholat disini. InsyaAllah rasanya adem, karena suasananya juga mendukung, jamaahnya banyak, namun tetap disiplin menjaga kekhusyukan rona masjid.
    Lebih lengkap cerita gw, please baca postingan gw yaa di :
    https://zeelecious.wordpress.com/2015/01/28/suatu-hari-di-palembang/

    Reply
  • January 28, 2015 at 08:43
    Permalink

    Wah kayaknya aku pernah nyobain nasi kikil itu haha. Tapi belum pernah ketemu Alid.

    Reply
  • January 28, 2015 at 13:56
    Permalink

    Lho, kamu dari Jombang tho mbak? Kirain dari Magelang? ๐Ÿ˜€

    Ngomong2 sesuatu yang unik dan menarik dari daerahku sebenernya banyak. Tapi belum terdata dengan rapi. Tapi, dari hasil jalan2 mudik beberapa kali, potensi2 itu secara umum bisa dirinci seperti ini:

    Wisata Alam :

    1. Ada air terjun,
    Setidaknya ada 9 air terjun (mungkin lebih), tapi yang biasanya jadi destinasi wisata wajib kunjung adalah Air Terjun Sedudo. paling ramai saat tanggal 1 Suro. Konon kalau mandi di situ bisa awet muda. Kayak akyu #preeet ๐Ÿ˜›

    2. Gunung-gemunung
    Sebagai seorang pendaki, tentu gunung di Nganjuk pantang untuk dilewatkan. Gunung Wilis jelas menjadi destinasi utama anak2 muda saat SMP atau SMA. Ada beberapa puncak. Yang paling ngehits yaitu di Puncak Liman (deket air terjun Sedudo) dan Puncak Limas (melalui jalur desa Bajulan).

    3. Sumber air
    Di utara Nganjuk ada sumber air jernih yang aliran airnya kenceng banget sampai daerah sekitarnya bisa melewati siklus tanam padi sampe 4 kali dalam setahun sehingga sering disebut sebagai lumbung padinya Kecamatan Ngluyu. Di dekat sumber air ini ada Gua Margo Tresno. Konon kalau ada pasangan yang bertandang ke sini, kisah cintanya bisa langgeng. #tsaah :'(

    Wisata sejarah:

    1. Candi Ngetos

    Candi Ngetos merupakan tempat Raja Majapahit, Hayam Wuruk moksa. Candi ini menghadap Gunung Wilis yang menurut kepercayaan setempat merupakan representasi dari Gunung Mahameru, gunung suci dalam kepercayaan hindu kuno.

    2. Candi Lor

    Disebut sebagai monumen kemenangan perang. Candi ini mirip banget dengan candi2 di Kamboja, dengan akar pohon Kepuh membelit badan candi.

    Kuliner

    Untuk kuliner, ada banyak sekali menu2 yang pantang untuk dilewatkan seperti nasi pecel dengan sambal tumpang, dumblek, nasi becek, dan masih banyak lagi.

    Hal-hal di atas hanya sebagian saja dari potensi wisata Nganjuk yang dapat dijadikan alternatif destinasi wisata domestik. Untuk lebih lengkapnya, boleh banget kulik2 infonya di blog saya ini:

    Candi Lor -> http://adiedoes.blogspot.com/2012/09/angkor-wat-di-nganjuk.html
    Wisata Nganjuk -> http://adiedoes.blogspot.com/2014/08/anjak-anjuk-menuju-udik-menggapai.html

    Selamat datang di Kota Angin ๐Ÿ˜‰

    Reply
  • January 28, 2015 at 16:27
    Permalink

    Anne Oktaviani. ( Cirebon, twitter : @Anne_oktaviani)

    Cirebon. Kota kelahiran saya yang amat saya cintai.
    Kota kecil (yang terus bergerak menjadi kota besar) , mungkin beberapa orang hanya “mampir” ke kota kelahiran saya ini. Atau mungkin sudah ada yang familiar dengan wisata kuliner ( Nasi Jamblang, Empal Gentong, Tahu Gejrot) , wisata batik Trusmi, atau wisata Keraton (Kasepuhan, Kanoman,Kacirebonan). Tak lupa tari Topeng Kelana yang sudah mendunia, merupakan salah satu kekayaan budaya Cirebon. Lalu apalagi?

    Kali ini saya akan sedikit berbagi tentang Gong Sekaten. Apa itu? Ini adalah gamelan yang hanya dimainkan 1tahun 1kali, yaitu pada bulan Maulud, atau pada tradisi Muludan. Gong akan dibunyikan satu minggu sebelum hari Maulid Nabi tiba. Mungkin banyak orang mengira, ah , gamelan, banyak orang bisa belajar memainkannya. Tapi tidak dengan Gamelan Sekaten. Mengapa? Karena gamelan ini hanya dimainkan 1 tahun 1 kali, dan generasi penerus penabuh gamelan ini tidak dilatih untuk memainkan gamelan. Lalu, bagaimana mereka belajar jika tidak sambil menabuh? Disinilah indera pendengaran dilatih, karena mereka hanya belajar dari suara gamelan yang ditabuh. KAn bisa direkam lalu dipelajari? Tidak, karena jika ketahuan merekam, abdi dalem keraton akan langsung meminta Anda untuk menghapus file rekaman Anda. Nah, penasaran bagaimana indahnya Gamelan Sekaten? Silahkan agendakan kunjungan Wisata Anda ke Cirebon. :)

    Reply
  • January 28, 2015 at 20:39
    Permalink

    Yuk main ke Flores, wisata alamnya butuh banyak jempol untuk mengacunginya ๐Ÿ˜€

    *maaf, sedang terkendala utk copas link tulisan

    Reply
  • January 30, 2015 at 13:20
    Permalink

    fb : budhe yanti
    twitter : @budhe yanthi
    Bicara ttg wisata masing2 daerah punya ciri khas sendiri sbg daya tarik. Salatiga mungkin telah banyak yg mengenal tapi banyak tempat yg blm terekspos. salah satunya adalah Sendang Senjoyo yg terletak di sisi selatan kota. Sbenarnya masuk wil kab Semarang tapi akses masuknya lbih mudah kalo nenyebut Salatiga. Senjoyo adalah suatu tempat petilasan/peninggalan Sultan Hadiwijaya Raja Pajang atau lbih dikenal dg Joko Tingkir atau Mas Karebet. sampai sekarang tempat tsb msh begitu alami dan kesan mistis msh melekat. pada waktu2 tertentu msh ada yg melakukan ritual2 tertentu. bahkan tempat ini masuk salah satu tempat dari 7 tmpat terangker di dunia versi On The Spot Trans7. keistimewaan tmpt ini air yg mengalir dari bbrp mata air tdk pernah surut walau musim kemarau dan sbg sumber air penghidupan warga Salatiga dan pengairan sawah warga skitar. itulah sekelumit ttg salah satu tempat wisata di Salatiga. yg tak kalah menarik wisata kuliner. ada kuliner spesial yg mungkin banyak yg blm tahu yaitu Gecok kikil. yaitu olahan dari kepala dan kaki kmbing dibumbuin ekstra pedas dari mrica. tmpt yg sampe saat ini msh sering dikunjungi di daerah Tlogo Skitar 2 km arah utara dari Salatiga dekat daerah Tuntang ke arah timur naik depan Stasiun Tuntang…. ini saja share yg tdk sdikit dari saya smoga tmbah dilirik…mksh

    Reply
  • January 31, 2015 at 05:09
    Permalink

    Nama : Sofhy Haisyah
    Twitter : @Sofhy_Haisyah
    Domisili : Maros, Sul-Sel

    Walaupun daerahku cuma wilayah kabupaten. Tapi lumayan banyak hal unik dan ciri khasnya. Bingung juga sih mau mau ceritakan yang mana. Tapi semoga pilihan cerita potensi daerahku ini bisa nyantol ke hati empunya giveaway, jadi kaos GOJEG-nya buat aku ^_^))โ€>

    Aku pilih ceritain wisata alam dan wisata sejarah di Kab. Maros, Kawasan Bantimurung.

    Bantimurung sendiri merupakan kawasan atau tempat wisata alam yang kelestariannya masih asli alami banget. Ada air terjun berbagai tingkat, beberapa goa yang isinya menantang untuk ditelusuri jauh lebih dalam, dan merupakan taman syurga buat kupu-kupu langka.

    Terus, ada Goa leang-leang. Goa ini masih satu kawasan dengan Bantimurung. Adapun hal unik yang ada di goa ini adalah cetakan atau lukisan tangan dari manusia zaman purba dulu.

    Sungai Rammang-Rammang, sungai yang airnya masih jernih banget dan disekitarnya dikelilingi pepohonan hijau dan gunung/batuan karst.

    Gunung/Batuan Karst, nah ini nih ! Gunung Karst di Kabupaten Maros ini adalah gunung karst kedua terbesar di dunia setelah China loh!. Gunung ini sendiri sebenarnya terbentang sampai di Kab. Pangkep, tapi kalo udah ke Bantimurung, gunung karst ini juga udah bisa diliat juga koq. Dan uniknya lagi, goa-goa dibawah gunung/batuan karst ini sendiri tidak hanya sebagai salah satu sumber penyedia air bersih bawah tanah untuk masyarakat sekitar. Tapi juga merupakan habitat hewan langka, seperti : kupu-kupu, ikan albino, monyet hitam,tarsius, dan masih banyak lagi.

    So, jangan lupa mampir disini yaa~~

    https://plus.google.com/u/0/116522054856055794399/posts/MRgFZZA1yGd?pid=6110257521360351170&oid=116522054856055794399

    Reply
  • February 1, 2015 at 14:16
    Permalink

    aku pengen kaosnya mbaaakkk… :(
    apa harus nyamar jadi peserta biar bisa dapet kaos?

    Reply
  • February 1, 2015 at 23:53
    Permalink

    Ijin ikutan ya kak ๐Ÿ˜€

    Nama: Dian Maharani
    Twitter: @realdianmrani93 [https://twitter.com/realdianmrani93]
    Facebook: Dian Maharani Neomu Yeppeo [https://www.facebook.com/dian.maharani.nmyp]
    Blog: realdianmaharani.wordpress.com
    Domisili: Bengkulu

    Bengkulu, mungkin ada yang masih belum tahu dengan provinsi ini, apalagi potensi wisata yang dimilikinya. Saya akan mengenalkan wisata alam dari Provinsi Bengkulu, yaitu wisata alam yang ada di Hutan Hujan Tropis Provinsi, Konservasi Flora Rafflesia Arnoldi di kawasan Hutan Lindung Register 5 Bukit Daun, Taba Penanjung, Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu.
    Rafflesia Arnoldi adalah salah satu tanaman langka yang hanya tumbuh di kawasan Sumatera bagian selatan, khususnya di Provinsi Bengkulu. Bunga ini pertama kali ditemukan di Bengkulu pada tahun 1818 oleh seorang letnan dari Inggris yang pada saat itu menjabat Gubernur Bengkulu, Thomas Stamford Raffles dan seorang ahli botani, Dr. Arnold. Rafflesia Arnoldi sendiri diambil dari nama kedua tokoh ini, yakni Raffles dan Arnold, sehingga menjadi Rafflesia Arnoldi.
    Ciri khas dari bunga ini adalah tidak adanya akar, daun, dan tangkai. Hal ini dikarenakan Rafflesia Arnoldi merupakan tumbuhan parasit pada tanaman merambat yang hanya tinggal di dalam akar tanaman inangnya. Bunga ini terdiri dari lima buah kelopak besar dengan sebuah ‘lubang’ ditengahnya. Pada lubang ini terdapat benang sari atau putik yang menandakan menandakan jenis kelamin dari bunga itu sendiri. Bunga ini berbau busuk bertujuan untuk mengundang serangga untuk membantu pembuahannya, karena benang dan putik bunga terpisah.
    Masa pertumbuhan Rafflesia Arnoldi terhitung cukup lama. Jika bunganya sedang mekar, hanya akan berlangsung selama seminggu. Namun, biasanya pada musim mekar, tidak hanya satu bunga yang mekar, tapi ada dua atau tiga bongkol bunga yang akan mekar menjadi bunga Rafflesia Arnoldi. Sehingga, bagi wisatawan yang ingin melihat bunga ini mekar, diharuskan datang pada bulan-bulan mekarnya bunga Rafflesia Arnoldi, yakni kisaran bulan Agustus hingga November.
    Ada beberapa tempat yang menjadi habitat Rafflesia Arnoldi, misalnya kawasan Hutan Lindung Register 5 Bukit Daun, Taba Penanjung, Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu. Daerah ini merupakan jalan lintas yang menghubungkan Provinsi Bengkulu dengan Kabupaten Kepahiang. Kawasan hutan lindung ini cukup dekat dengan jalan raya, sehingga pengunjung mudah mengakses lokasi bunga Rafflesia Arnoldi yang sedang mekar. Tidak ada harga tiket resmi untuk melihat bunga Rafflesia Arnoldi yang sedang mekar, tapi biasanya penduduk sekitar yang menjaga bunga tersebut akan meminta sumbangan seikhlasnya, sebagai biaya perawatan selama bunga mekar. Walaupun saya lahir dan besar di Bengkulu, saya belum pernah melihat langsung bunga Rafflesia Arnoldi yang sedang mekar, tapi saya lumayan sering melintasi jalan raya kawasan Hutan Lindung ini untuk pergi ke daerah Linggau :(

    Foto-foto ini saya ambil dari google ^_^
    1. Bongkol Bunga Rafflesia Arnoldi
    http://2.bp.blogspot.com/_zXtz0_GEdFA/RxDGp8UU8gI/AAAAAAAAAMQ/nC_8C1fxR3Q/s400/Rafflesia+Arnoldii+Bud.jpg
    2. Bongkol Bunga Rafflesia Arnoldi yang akan mekar
    http://legacy.earlham.edu/~givenbe/Rafflesia/rafflesia/pic.jpg
    3. Bunga Rafflesia Arnoldi yang telah mekar
    http://blog.ub.ac.id/ykzirafmaysih/files/2013/11/indonesia.jpg

    Reply
  • February 3, 2015 at 16:58
    Permalink

    Mba, maafkan baru bisa mampir dan komen. Aku mau nulis yang Cirebon tapi sudah ada Mba. Saya coba Cirebon plus Kuningan kali ya.

    Nama: Ryan
    Twitter: @feb_ryan24
    Blog: http://ryanfile.wordpress.com (mampir ya mba…)
    Domisili: Jakarta – tapi bahas Cirebon dan Kuningan

    Yang mau saya sebutkan sebenarnya sudah disebut juga sama Mba Anne di atas. Cirebon. Di Keraton Kasepuhan, ada satu kereta kencana yang dipakai oleh Prabu Siliwangi. Detail kereta ini bagus banget. Perpaduan dari budaya Islam, Jawa dan Cina terlihat di kereta ini. Kalau pas Mauludan, biasanya sih dikeluarkan kereta ini. Eh bukan yang asli karena yang asli sudah tua sekali umurnya, jadi yang dikeluarkan yang duplikatnya. Kalau mau lihat pas bukan Mauludan bisa kok masuk ke Keraton ini.
    Satu lagi yang unik di sini adalah ada lukisan, sekali lagi lukisan, Prabu Siliwangi. Uniknya di mana dong? Uniknya, perhatikan mata Sang Prabu. Dia akan mengikuti ke mana pun kamu bergerak. Ini unik tapi agak bikin merinding sih. Sayangnya foto2 saya pas ke sana hilang. Jadi tidak bisa share deh.
    Nah kalau Kuningan apa? Kuningan ini hanya sekitar sejam kalau dari Cirebon. Letaknya di atas, jadi kalau bayangkan adalah seperti Jakarta dan Puncak. Di Kuningan ini ada sumber air panas Sangkan Urip. Ke sini paling enak malam-malam. Kenapa? Karena di perjalanan, akan melewati puncak pasnya Kuningan. Dari sini bisa lihat Kota Cirebon yang kerlap kerlip dari kejauhan. Nah di tempat ini, banyak gubuk-gubuk yang jual jagung bakar. Lupa sih saya namanya. Terus ke Sangkan Urip, kita bisa berendam air panas. Mau yang umum atau yang private. Tinggal pilih. Biasanya malam minggu penuh nih sama yang pacaran.

    Segitu dulu kali ya Mba. ๐Ÿ˜€ Semoga sukses GAnya mba. Salut sama kalian yang memang pemerhati wisata Indonesia.

    Reply
  • February 5, 2015 at 12:22
    Permalink

    nama : Rinta Adita
    twitter : @rintadita
    blog: http://malesmandi.com
    domisili: Malang- Jakarta โ€“ Bekasi

    Batu sudah terkenal dengan tempat wisata seperti Jatim Park, Museum Angkut, Museum satwa, dll tapi sepertinya belum banyak yang tahu bahwa di Batu Malang kita juga bisa memacu adrenalin dengan kegiatan rafting di Kaliwatu. Musim hujan adalah waktu yang pas untuk rafting di Kaliwatu dimana debit air sedang tinggi-tingginya sehingga sungai brantas dengan jalur sepanjang 7km tersebut memiliki jeram yang sangat menantang untuk dilalui.

    Reply

Leave a Reply

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox:

%d bloggers like this: