Perahu Kater : Warna-Warni di Pantai Serdang ..

Pantai Serdang begitu berangin, siang itu ..

Saya dan para peserta Tour De Belitung Timur 2014 bersicepat melangkah, sembari menghalau angin yang menerbangkan kain-kain yang kami gunakan. Gelombang terlihat pecah di pesisir, pucuk cemara juga meliuk-liuk, hanya hamparan pasir putih saja yang masih tampak tenang ..

Mulanya, pantai yang terletak di Desa Baru, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur tersebut nampak tidak terlalu istimewa. Garis pantainya memanjang begitu saja, air laut biru keabuan mendominasi pandangan. Tidak ada cuatan batu-batu besar yang bisa saya temukan, seperti pantai-pantai di tepi Barat Pulau Belitung. Namun, anggapan itu menguap seketika, saat mata saya menangkap perahu warna-warni berjajar disisi lain pantai ..

IMG_5856_2

Itulah Perahu Kater ..

Merah, kuning, biru, hijau. Warna-warninya kontras dengan pasir putih yang membentang di sepanjang garis pantai. Perahu yang ditengarai bersilsilah sama dengan perahu milik masyarakat Bawean *atau biasa disebut Buyan, oleh warga setempat*, merupakan andalan nelayan Belitung Timur untuk melaut. Penampangnya nyaris bulat, dengan rongga selebar badan manusia di tengahnya. Dua rentang ‘lengan’ terdapat di sisi kanan kirinya, berfungsi untuk menyeimbangkan laju perahu ..

Di antara perahu-perahu yang telah cantik rupawan, seorang lelaki paruh baya tengah sibuk mengayun-ayunkan kapak kecilnya pada sebuah kayu gelondongan. Beliau, Pak Apit, pengrajin Perahu Kater yang cukup tersohor namanya di antero Desa Baru. Kayu gelondongan di hadapannya adalah calon perahu ke sekian yang pernah ia kerjakan. Bahan baku perahu adalah kayu pohon yang memiliki bentuk bulat sempurna dan diameter sedang hingga besar, seperti Meranti atau Binong ..

IMG_5849_2

Pak Apit sanggup menyelesaikan sebuah badan Perahu Kater dalam rentang waktu 2 bulan saja. Sendirian ! Tugasnya hanya sampai kayu mewujud perahu, sementara tugas pengecatan dilakukan oleh orang lain. Harga jual perahu pun tidak dapat dikatakan murah, berkisar antara 5 sampai 7 juta Rupiah. Itu diluar upah mengecat, ya, yang bisa mencapai 1 hingga 2 juta Rupiah. Wow !

IMG_5848_2

Usai berbincang sejenak dengan Pak Apit, saya iseng berjalan di sepanjang garis pantai. Saya menyaksikan deretan Perahu Kater yang mewarnai Pantai Serdang nan berangin. Disana, Mas Syarif, guide lokal Tour De Belitung Timur 2014, sedikit bercerita tentang keberadaan Orang Bugis yang banyak bermukim di pesisir Timur Pulau Belitung. Kehandalan mereka di bidang maritim sungguh tidak dapat disepelekan. Laut, lengkap dengan gelombang dan badainya, justru merupakan sahabat baik yang tak segan diakrabi. Semangat itulah yang mendarah daging di tengah keluarga nelayan Pantai Serdang ..

Perhatian saya kembali direbut oleh Perahu Kater ..

IMG_5854_2

Selain di Pantai Serdang, perahu warna-warni tersebut juga banyak ditemui di pantai-pantai lain di lingkup Kabupaten Belitung timur. Maka, tidak berlebihan jika Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung Timur menahbiskan Perahu Kater sebagai salah satu ikon wisatanya. Selain untuk mewarnai geliat Pantai Serdang, langkah ini ditempuh Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung Timur pun untuk melestarikan adat kebiasaan masyarakat setempat yang telah temurun berpuluh tahun ..

They’re beautiful. Seriously .. 😉

***

4 thoughts on “Perahu Kater : Warna-Warni di Pantai Serdang ..

Leave a Reply

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox:

%d bloggers like this: