Bukit Jaddih, Cappadocia-nya Madura ..

Jaddih_5

Wah, kaya di Turki!“, begitulah seruan spontan saya, sesaat setelah kendaraan yang kami tumpangi memasuki kompleks Bukit Jaddih. Sejauh mata memandang terhampar cuatan tebing-tebing berwarna putih – cokelat muda, tak teratur namun tetap dinamis menghasilkan pemandangan menawan. Sepintas kilas, panorama Bukit Jaddih mirip dengan bentang alam Cappadocia, Turki, yang beberapa kali saya saksikan di rumah-rumah maya para travel blogger ..

Emang kamu pernah ke Turki, Mba?“, tanya Ipeh, sahabat sekaligus salah satu travel mate saya saat itu. Sambil meringis, saya menjawab,

Ya belum lah ..“.

Lalu beberapa jitakan ringan mampir di kepala saya .. 😉

***

Tersebutlah sebuah rangkaian pegunungan kapur yang terletak di Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan; Bukit Jaddih. Bukit seluas 500 Ha ini merupakan pusat penambangan batu kapur di Pulau Madura, tidak sedikit warga yang menggantungkan hidup di tempat ini. Proses penambangan itulah yang, sedikit banyak, membentuk cuatan tebing-tebing berwarna putih – cokelat muda nan eksotis. Mirip, lah, dengan Brown Canyon di Semarang ..

Bukit Jaddih makin populer saat sebuah kolam renang bentukan alam ditemukan di bagian lembahnya. Namanya Aeng Guweh Pote, nama lugasnya dalam Bahasa Madura, yang artinya Air Gua Putih. Sayang sekali, saat saya mengunjunginya, kolam tersebut sedang dibersihkan. Alhasil, saya tidak menjumpai sekumpulan air berwarna hijau terang yang menjadi kebanggaan Bangkalan tersebut ..

Tak apa, selain kolam renang bentukan alam, Bukit Jaddih punya pesona lain yang tak kalah cantik, kok ..

Wulan, sahabat saya yang saat ini berdomisili di Bangkalan, mengajak kami naik bukit lebih tinggi lagi. Mobil yang kami sewa melaju dengan tangguh, melalui jalur truk-truk material yang mengangkut batu kapur hasil penambangan. Debu putih berterbangan, berkali-kali saya harus menghalaunya dengan kain kerudung ..

Jaddih_3

Sesampai di titik pandang tertingginya, Bukit Jaddih menyajikan suguhan yang begitu elok. Kabupaten Bangkalan, Selat Madura dan, bahkan, Jembatan Suramadu terlihat menghampar. Itu baru background-nya, foreground-nya pun luar biasa, yaitu bentangan pegunungan kapur berwarna putih – cokelat muda, ditingkahi beberapa semak tumbuhan hijau. Suara bising alat berat terdengar samar di kejauhan. Driver kami menginformasikan bahwa Bukit Jaddih ini aman dikunjungi, meskipun penambangan tetap beroperasi. Warga Desa Jaddih sengaja mengkondisikan areal kunjungan terpisah dengan daerah penambangan ..

Jaddih_4

Di puncak bukit itulah, saya, Ipeh dan Wulan sibuk berfoto diri. Hasrat narsisme tak terbendung, latar belakang Bukit Jaddih terlalu menggoda untuk tidak diabadikan. Harap maklum ya .. 😀

Jaddih_1

Oh ya, beberapa bacaan di dunia maya menyebutkan bahwa di Bukit Jaddih terdapat beberapa gua dan ruang bawah tanah peninggalan Jepang. Saat mengunjunginya, saya memang menghindari masuk ke gua-gua. Seram. Secara penambangan batu kapur masih aktif dilakukan di atas dinding gua, kalau runtuh, bahaya, kan. Terlalu beresiko ..

***

Jaddih_2

Ih, beneran deh, Jaddih ini kaya di Turki. Cappadocia!“, seru saya sekali lagi, sesaat sebelum kami meninggalkan bukit kebanggaan Kabupaten Bangkalan ini. Kedua sahabat saya menatap putus asa,

Mba, please deh, Mba ..”.

Sepertinya mereka harus saya ajak ke Turki, biar percaya kalau Jaddih ini layak disebut Cappadocia-nya Madura. Menurut kalian bagaimana? 😀

*maksa banget ya*
*siap-siap dijitak massa*

***

26 thoughts on “Bukit Jaddih, Cappadocia-nya Madura ..

    • August 3, 2015 at 07:51
      Permalink

      Hahaha, bener banget, Mba Feb, harusnya dikasih balon-balon udara. Fix deh kaya Cappadocia. Maksa yo ben deeehhh .. 😀

      Reply
  • August 3, 2015 at 15:16
    Permalink

    Eh itu foto narsisnya pake tongbro atau tripod Zah? #Ditanyain

    Reply
    • August 3, 2015 at 21:01
      Permalink

      Manusia kan makhluk sosial, Mba Dian, aku coba menerapkan itu di urusan pernarsisan. Pake tongbro lah. Bro, tolongin dong, Bro ..

      *dikeplak mas sopir*

      Reply
  • August 3, 2015 at 18:48
    Permalink

    Ngomongin Turki aku merasa tercolek kak Jijah >,<
    Cakeeeep yaaa, keknya aku harus kesana untuk jadi stimulus sebelum ke Turki beneran. Hks
    Minggu besok mau ke Madura sih, tapi ndak tau ngelewatin Kabupaten Bangkalan atau nggak :'(

    Reply
    • August 3, 2015 at 21:02
      Permalink

      Aku juga mau ke Turki, Putriiihhh .. :'(

      Kata Mba Feb, kurang balon udara diterbangin di Jaddih aja ini. Hahahaha ..
      Eh, eh, eh, kamu mau ke Madura? Bangkalan ngga jauh dari Suramadu kok, mampir sanaahh, ajakin Mas Bebeb kamuuhh .. 😀

      Reply
  • August 4, 2015 at 14:43
    Permalink

    huwaaaa aku orang jatim tapi belum nyampe Madura T_T
    yuuuk ke Turki aja kita rame2 gimana? eh tapi terlalu mainstream gak sih?! *dijitak*

    Reply
    • August 5, 2015 at 16:02
      Permalink

      Kamu kan udah ke Turki, Kak Diiittt ..
      Etapi aku ngga nolak lah, kalo diajakin bareng kesana. Hihihi ..
      Mainstream yo ben, ben ngeheits .. 😀

      Reply
  • August 4, 2015 at 17:16
    Permalink

    Bukit kapur yang keren, Mbak. Warna putihnya mengingatkan saya pada bukit-bukit serupa di Bali tapi di sini hamparannya memang membuat semua terkesan sangat spektakuler :)). Kayaknya untuk yang tidak bisa ke Cappadocia, bolehlah dulu tandang ke Bangkalan dan menikmati Bukit Jaddih ini. Harap saya, semoga penambangan kapurnya tidak terlalu masif sehingga ini masih bisa dinikmati dalam waktu yang lebih lama :hehe. Paling tidak, semoga saya masih bisa menikmati bukit ini kalau saya tandang ke sana :)).

    Reply
    • August 5, 2015 at 16:04
      Permalink

      Di Bali itu, yang di kompleks Garuda Wisnu Kencana kah, Gara?
      Aku udah lupa gimana wajah Bali, terakhir kesana 2007. Hueeehhh .. :(

      Siap! Ke Bukit Jaddih buat orientasi, abis itu tetep dong berangkat ke Turki. Hahahaha .. 😀

      *amieeennn kenceng*

      Reply
      • August 28, 2015 at 21:30
        Permalink

        Lhaaa.. Ayo Feb 2016 diagendakan rame2 ke Bali. Kapan lagi budhe zizah traveling sama Bara? Huehehehe

        Reply
        • August 29, 2015 at 06:31
          Permalink

          Insya Allah dijadwalkan, Ri, nginep di Ubud kitaaahhh .. 😀

          Reply
          • August 29, 2015 at 10:34
            Permalink

            Siappp!! Rencana emang mau nginap di Ubud kok. Tiket yg hadiah kemaren udah aku tebus utk tgl 5-8 Feb 2016 ya mbak.. just info. Hehe..

            Reply
  • August 5, 2015 at 09:31
    Permalink

    Aaaakkkkkkkkk dan Cappadocia akan dihancurkan untuk pembangunan :( harus segera ke Turki neh. Eh ke bukit jaddih dulu deh, deket juga dari Jombang, tinggal menclok 😀

    Reply
    • August 5, 2015 at 16:05
      Permalink

      HAPAAAHHH?! Cappadocia mau dihancurin?!

      *brb golek tiket menyang Turki*
      *njuk terhalang sisa cuti* :(

      Reply
  • August 19, 2015 at 17:40
    Permalink

    seru yaaaa
    tinggal dikasih balon2 udara asal jangan balon udara upin ipin yg dijual utk anak2
    eeaa

    Reply
    • August 25, 2015 at 17:15
      Permalink

      Hahahaha, langsung pengin nyanyi Balon Udara-nya Sherina deh .. 😀

      Reply
  • September 16, 2015 at 11:05
    Permalink

    wah, gak nyangka ada bukit keren begini di Indonesia. memang mirip ya sama Cappadocia.
    kapan ya bisa ke Maduraaaa… *menatap jatah cuti yang tersisa*

    Reply
    • September 17, 2015 at 17:42
      Permalink

      Wah, ada Kak Yuki dolan kesini. Hurray! Hehehe, ngga nyangka juga ya? Samaaaaa .. 😀

      Eh, sama juga tuh, menatap sisa jatah cuti yang tak seberapa, Kak ..

      Reply
  • October 27, 2015 at 07:52
    Permalink

    Madura ternyata ada juga ya tempat yang keren kayak begini..

    Reply
  • April 7, 2016 at 11:33
    Permalink

    sekitar 6 bulan lalu ke madura, sayangya nggak sempet mampir kesini, padahal ini keren.. tapi eksotisme madura walau cuma di jalan ada sih, terutama di jalur panturanya.. mepet laut.. ah semoga besok dapat kesempatan e madura dengan waktu lebih lega..

    Reply
    • May 12, 2016 at 16:37
      Permalink

      Saya pun, berharap ada kesempatan untuk eksplor Madura lebih dalam lagi. Kalo bisa bareng, asik kayanya ya, Kaks .. :)

      Reply

Leave a Reply

Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox:

%d bloggers like this: