Jepara Marina Beach, Oase di Tepian Teluk Awur ..

teluk_awur_cover

Dasar manusia selow!

Niat awal cuma mau makan siang di warung ayam goreng sambel terasinya Mba Ipah di Batealit, Jepara, eh, end up-nya pengin nginep di pinggir pantai. Yang beneran pinggir pantai ya, bukan yang masih harus jalan kaki dari kamar hotel, sampai akhirnya ketemu pasir. Kalo ada yang nyeletuk,

Kemping aja di pantai, itu ngga cuma ketemu pasir, tidur pun di atas pasir ..”.

Makasih, saya sudah mempertimbangkannya kok. Masalahnya cuma satu, ngga prepare tenda dan segala macam printilannya. Lagian saya males riweuh, secara itu waktunya pendek, hanya akhir pekan. Ya sudah, kita manfaatkan teknologi, biar kekinian. Buka browser dan mencari penginapan yang terlihat lumayan di situs pencari akomodasi langganan, Booking.com. Awalnya saya hanya kepikiran menginap di sekitaran dua pantai nge-hits di Jepara, yaitu Kartini dan Bandengan, saja. Ada beberapa hotel tersohor di pantai-pantai itu, sayangnya yang pas budget, kamarnya penuh, giliran yang available, semalamnya harus membuat saya merogoh kocek sampai satu juta lebih. Ohmeeennn ..

Jika akhirnya pilihan jatuh pada sebuah penginapan ala bungalows, yang berada di Pantai Teluk Awur, jauh dari Kartini maupun Bandengan, bernama Jepara Marina Beach, saya anggap itu jodoh. Tidak ada ekspektasi apapun saat memilihnya, kecuali review score-nya yang tinggi di Booking.com, foto yang menggambarkan kamar-kamar yang dimilikinya menghadap langsung ke laut dan, tentu saja, harga yang masuk akal. Yippie, kesampaian juga niat memantai hore di akhir pekan ..

Nah, meski berhasil mendapat penginapan, ternyata perjalanan menuju ke sana pun sedikit drama. Jalanan berlubang di mana-mana, hujan super deras, nyasar dan beberapa lalalala lainnya. Berangkat pagi dan baru berhasil menemukan lokasi Jepara Marina Beach setelah hampir jelang sore. Lelah. Tanah berpasir itu masih basah, hujan belum benar-benar reda, saat saya memarkir kendaraan di depan sebuah bangunan yang, uhm, terbilang kecil dan beraura biasa saja. Isi kepala sudah hampir penuh dengan judgement negatif,

Beneran ini bungalownya? Lha kok gini tok? Minimalis banget. Gimana kalo kamar mandinya ngga bersih atau kamarnya cupu .. “.

Tahan, tahan, tahan. Saya menahan komentar. Syukurlah, karena begitu sampai di depan meja resepsionis, penginapan yang saya temukan dengan agak gambling ini baru memperlihatkan sosok aslinya. Keren! I mean, beneran keren! Hahaha, saya agak menyesal sudah suudzon hanya gara-gara melihat penampakan depannya yang alahembuh ..

Jadi ya, Jepara Marina Beach ini beneran punya akses langsung ke Teluk Awur, pantai yang masih satu garis dengan pantai-pantai kebanggaan Jepara lainnya, seperti Bandengan dan Marina. Jangan tanya saya ya, kenapa lokasinya di Teluk Awur, tapi namanya kok Jepara Marina Beach. Mungkin sekedar jual nama saja, secara Teluk Awur kan bukan nama yang hits di kalangan wisatawan pengunjung Jepara. Kira-kira ..

teluk_awur_1

Jumlah kamar yang tersedia hanya 6, eksklusif abis. Keenam-enamnya ada di sekitaran kolam renang dan memiliki view laut. Warbiyasak. Kondisi kamarnya pun tidak bisa disebut biasa-biasa saja, karena ukurannya cukup luas, kenyamanan terjamin, fasilitas jauh dari kriteria minimalis dan dilengkapi dengan dinding kaca, serta pintu geser yang chic. Saya loh, sampai agak ndeso, jingkrak-jingkrak sendiri menerima fakta bahwa penginapan yang saya pilih asal-asalan ini sungguhan. Mbak2 resepsionis yang bertugas cuma bisa geleng-geleng kepala sambil sesekali tertawa melihat tingkah oon saya. Hahaha .. πŸ˜‰

teluk_awur_3

Menjelang sunset, saya duduk-duduk saja di kursi-kursi berpayung yang tersedia di halaman penginapan, sembari pesan minum dan cemilan. Sayangnya, langit masih abu-abu, tidak ada pemandangan jingga matahari terbenam yang jadi andalan pantai-pantai Jepara. Ya ngga papa, melihat laut dan hilir mudik orang-orang sudah membuat senang. Malamnya, saya mencoba restoran penginapan, yang terletak di sisi kiri deretan kamar. Voilaaa, duduk di sana, rasanya bukan di Jepara, tapi semacam di Kuta, Bali, gitu. Dominasi menu internasional, tamu lain bule semua pula. Sekali lagi, ini semua di luar ekspektasi saya. Berkali-kali saya nyeletuk,

Kok ada sih tempat kaya gini di sini ya ? Ternyata .. “.

Bagaimana pengalaman tidurnya? Hmm, agak nyaru ya, secara saya gampang tidur. Dikasih sandaran sedikit saja langsung merem, kecuali sandaran bahu sih, kalau itu bawaannya langsung penginΒ  curhat, ujung-ujungnya sayang. Oke, fokus. Tidur saya malam itu cukup nyenyak sih, buktinya bangunnya kesiangan. Hahaha. Tempat tidurnya nyaman, tidak terlalu sempit, meskipun saya ambil tipe kamar yang twin bed. Semua fasilitas kamar, seperti AC, televisi, lampu tidur, WiFi dan kamar mandi juga berfungsi baik. No complain ..

teluk_awur_2

Satu-satunya hal yang membuat saya mengernyitkan kening adalah ketika pagi-pagi saya berjalan menyusur pantai di sekitaran penginapan. Masya Allah, itu pantai kotor banget! Entah karena sehari sebelumnya gelombang lumayan tinggi, dekat muara sungai atau memang pengunjungnya yang jorok dan kemproh to the max, itu permukaan pasir sampai ngga kelihatan loh. Sampah semua! Mulai dari sampah ranting pohon, sampai sampah plastik bungkusΒ jajanan, bahkan kondom bekas. Huhuhu, rasanya pengin ambil panggil petugas kebersihan, plus orang se-RT buat diajak kerja bakti. Paraahh ..

Itu saja sih. Selebihnya Jepara Marina Beach fix berhasil membuat akhir pekan saya jadi lalalili. Hepi sekali. Worth it for every penny. Bayar 450K IDR semalam, dapatnya lebih dari yang diharapkan. Lalalili sekali, bukan? Jadi, kalau butuh referensi liburan di pantai Utara Jawa Tengah, boleh lah penginapan ini jadi pilihan, tidak melulu yang namanya sudah tersohor atau bertarif mahal. Rencanakan sejak jauh-jauh hari ya, tapi, karena jumlah kamar sangat terbatas dan popularitas Jepara Marina Beach ini sudah mulai moncer, banyak dicari orang .. πŸ˜‰

Let’s have a nice weekend, Ppl .. πŸ˜‰

Jepara Marina Beach Bungalows
Jl. Undip Raya, Teluk Awur, Jepara

29 thoughts on “Jepara Marina Beach, Oase di Tepian Teluk Awur ..

• August 4, 2016 at 15:00
        Permalink

hore…. sekarang kalo mbak NAEW bales komen langsung muncul notifnya wkwkwkw

• August 4, 2016 at 15:06

Mwahahaha .. Maafkan aku yang kemaren2 gaptek yaaakkk .. πŸ˜€

• August 4, 2016 at 15:12
          Permalink

hehehe, masih syawal to mbak ini, ngaturaken sugeng riyadi, maaf lahir batin yo #sungkem

• August 4, 2016 at 16:17
            Permalink

Udah masuk bulan baru sih ini, Syawalnya habis kemaren. Hahahaha .. Tapi ngga papa ya, maaf lahir batin, daripada ngga sama sekali .. πŸ˜€

• Pingback: Jepara Marina Beach, Oase di Tepian Teluk Awur ..

• September 20, 2016 at 22:46
    Permalink

Wah, harga segitu dapat fasilitas segitu, sepadan lah. Gak nyangka di Jepara punya begituan hahaha.

Soal sampah di pantai, memang lebih karena dipengaruhi faktor ombaknya, tapi sampah juga berasal dari manusianya hehe. Seolah-olah si laut ‘memuntahkan’ seisinya yang mencemarinya πŸ˜€

• November 2, 2016 at 15:39
      Permalink

Nah, aku juga ngga nyangka, Qy. Udah underestimate duluan, ternyata ….. Hahaha .. πŸ˜‰

• October 17, 2016 at 16:08
    Permalink

MasyaAllah bagus sekali view nya, dr dulu blm kesampean main ke jepara…

• November 2, 2016 at 15:40
      Permalink

Ayo sempatkan maen ke Jepara, Kak. Banyak pantai yang bisa dipake buat santai-santai & maen air .. πŸ˜‰

• October 22, 2016 at 12:38
    Permalink

mantep banget tempatnya, indah dan memberikan nuansa nyaman,
    pas nih buat liburan bareng istri, hehehe
    salam kenal adam green dan terima kasih

• November 2, 2016 at 15:42

Salam kenal juga, Kak .. Terima kasih sudah mampir .. πŸ˜‰

• November 2, 2016 at 14:20
    Permalink

buat next Wisata nih, suasananya seger dan asri banget .. sekalian ke rumah temen tak istirahatnya disitu.. hehe
    cuman sayang, pantainya ituloh..

terims infonya kak..

• November 2, 2016 at 15:43
      Permalink

Iya, sabar ya, pantainya memang agak kotor. Hehehe .. Selamat berlibur di Jepara, Kak .. πŸ˜‰

• December 29, 2016 at 09:30

Kalo pantainya ga terlalu oke, Kak, kotor banget soalnya .. :(

• November 12, 2016 at 09:24
    Permalink

wah nice info nih mba, kebetulan saya juga punya temen yang tinggal di Jepara, mungkin suatu saat bisa jadi destinasy berikutnya nih

• December 29, 2016 at 09:52
      Permalink

Sippp, mumpung harga penginapannya masih murah meriah dibanding penginapan-penginapan lain di sekitaran pantai Jepara .. πŸ˜€

• December 29, 2016 at 09:55
      Permalink

Ya kan, Kak?! Gila banget deh, sayang pantainya, kaya tempat pembuangan akhir gitu .. :(

• December 29, 2016 at 10:06
        Permalink

Kalau lagi musim timuran ombak besar pasti sampahnya banyak. bulan kemarin pemuda daerah sana udah kerja bakti. Spot sana asyik buat liat sunset walau pantainya cenderung kotor dibanding area bandengan dan sekitarnya.