Self Check In @ Air Asia

Sebutlah saya ndeso, karena baru kali ini melakukan web check in dan sok-sokan share di blog pula. Hehehe .. Maafkan, mumpung merasa punya bahan tulisan yang bisa dibagi, saya mengorbankan rasa malu demi sebuah tips ngaco ini .. ;)

Gini ..

Tanggal 21 Maret 2012 nanti, saya harus ke Jakarta. Pilah pilih moda transportasi, kok tetap pesawat yang paling murah. Ndilalah Air Asia pun sudah memulai mengoperasikan trayek SRG – CGK dan sebaliknya. Saatnya ngereyen QZ via Bandara Ahmad Yani dong deh ! Nah, ternyata Air Asia memberlakukan kebijakan kalau penumpang check in manual akan dikenakan biaya tambahan. Secara saya pelit, ya jelas emoh, mending duitnya dipakai untuk sesuatu yang lebih berguna. Hahaha ..

Solusinya ? Web check in atau mobile check in ..

Alhamdulillah, bagi saya yang gaptek ini, fasilitas self check in ala Air Asia tidak membuat kepala pening kok. Aman untuk tahap pemula. Hehehe .. Oh ya, self check in ini bisa dilakukan sejak kita melakukan proses booking online ya, tidak peduli berangkatnya baru 2 atau 3 bulan kemudian. Batasannya, untuk Air Asia Flight (QZ, AK, FD) sampai 1 jam sebelum waktu keberangkatan, sementara untuk Air Asia X Flight (D7) sampai 3 jam sebelum waktu keberangkatan ..

Pertama ..

airasia

step1

Pastikan kamu sudah melakukan booking online tiket perjalanan dengan Air Asia ya. Jangan sampai, booking-nya tiket Garuda Indonesia, ngotot mau web check in di situsnya Air Asia. Sampai lumutan juga ngga akan bisa .. ;)

Serius, serius ..

Masuk ke page-nya Air Asia, klik menu Web Check In di navigasi atas. Disana ada 2 field yang harus diisi, yaitu kota keberangkatan dan booking number. Lanjutkan ke langkah berikutnya dengan klik tombol Check In ..

Kedua ..

step2

Jika isian di langkah pertama benar, di langkah kedua ini, akan ada 2 hal yang perlu kita konfirmasi, yaitu detail flight dan data penumpang. Pada detail flight, penerbangan keberangkatan akan otomatis tercentang oleh sistem, sementara *jika kita melakukan booking two way flight* penerbangan kepulangan dapat kita check in saat itu juga atau pada kesempatan yang berbeda. Tapi kalau saran saya sih, sekalian saja, siapa tahu nanti ketika mendekati waktu penerbangan kepulangan, kita kesulitan melakukan self check in, kan ..

Kemudian isian detail penumpang, kita tinggal centang field di sebelah kiri nama kita. Beres .. Lanjutkan dengan klik Continue ..

Ketiga ..

step3gabung

Langkah ini tidak saya jumpai saat melakukan self check in kemarin, entah kenapa, mungkin karena saya tidak mengambil opsi yang ditawarkan Air Asia, yaitu pilihan tempat duduk, tambahan bagasi, other equipment dan Air Asia insure ..

Keempat ..

step4

Saatnya konfirmasi ! Disini kita ditawarkan pilihan untuk menerima boarding pass, via email, dimana kita akan dikirimi file boarding pass atau via smartphone, dimana kita akan dikirimi barcode boarding pass. Kemarin, saya memilih via email saja, karena takut bingung dengan segala macam barcode, pun tidak yakin handphone saya termasuk kategori smart. Hahaha ..

Klik saja field di sebelah kanan gambar amplop dan isikan alamat email kita, niscaya file boarding pass akan meluncur dengan segera ke inbox kita. Coba sajaaa ..

Kelima ..

step5

Hmm, bukan ngga penting, tapi langkah ini hanya berisi tentang larangan bawaan ketika melakukan penerbangan ..

Keenam ..

step6

Langkah final, print boarding pass yang sudah dikirimkan Air Asia ke inbox email kita. Proses self check in pun selesai ..

stepfinal

Nah, saat hari H penerbangan, tetaplah datang maksimal 1 jam/3 jam sebelum waktu keberangkatan, apalagi kalau ada barang bawaan yang harus masuk bagasi. Penumpang tanpa check in bagasi, menujulah ke counter Cek Dokumen, sementara penumpang dengan check in bagasi, menujulah ke counter Drop Bagasi. Dokumen yang harus dibawa adalah boarding pass hasil print dari email atau barcode yang sudah dikirim ke smartphone dan kartu identitas, serta paspor dan visa, jika diperlukan ..

Kemudian .. Selamat terbang !

Hmm, sedemikian mudahnya era digital ya, penumpang semakin dimudahkan .. Untuk maskapai lain, fasilitas self check in hanya sekedar opsi, sementara Air Asia menggunakan cara paksa : silahkan self check in atau check in manual tapi dipungut biaya. Bagi orang-orang pelit macam saya, sok jadi manusia generasi 2.0 adalah pilihan tepat daripada harus mengeluarkan uang tambahan. Hahaha ..

Semoga membantu yaaa .. ;)

disclaimer :
seluruh dokumen gambar dalam post ini diambil dari situs Air Asia

12 thoughts on “Self Check In @ Air Asia

  1. Mbaknya kreatif ih.. Check in aja bisa jadi tulisan. Aku kok gak kepikiran ya bikin tulisan kayak gini pas melakukan web check in. Padahal udah sering juga lho web check in di airasia.com *kelihatan pamer kalo sering terbang pake AirAsia gak sih ini?* Hehehe..

  2. @ bee : Hahaha .. Ini gara2 udah lama ngga punya bahan tulisan, Bee. Baca “Indonesia Mengajar” aja ngga selesai2, jadi ngga bisa segera sharing reviewnya .. Huhuhuhu .. :(

  3. Hehehe.. Ternyata kegiatan seperti itu bila di kemas dalam tulisan lucu juga ya di baca,. wakaka..

    eh, kmaren ga jadi ikut ke smp 1 magelang ya mba?

  4. @ hamid : Hah ? Lucu yaaa .. Sebelah mananya ik ? *clingak clinguk*

    Iya, maaf, ada kerja bakti di lingkungan, ngga enak kalo ngga dateng, terpaksa batal deh rencana ikutan napak tilas almamater .. :(

  5. oohh membantu sekali, sangat informatif loh mba.. berarti saya juga termasuk ndeso yaa.. karena ketemu blog mba juga karena searching2 tentang bagaimana cara check-in online?? hehehe.. salam kenal..

  6. Hmmm,.nice sharing mbak bcoz penasaran jg blm pernah nyobain air asia,.udah sering denger ada tambahan biaya ini itu jd nya lokal an ªð̀́ª deh

  7. @ tongkonanku : Kurang tau, saya belum pernah check in manual di bandara sejak Air Asia memberlakukan sistem self check in ..

  8. Terima kasih mbak atas infonya..
    Nah kebetulan saya juga mau check in via web.
    tetapi yang menjadi masalah disini adalah saya tidak bisa mencetak boarding pass saya. pada pilihan “cetak”, saya juga tidak dikirimi boarding pass via email. saya hanya menerima Travel Itinerary via email. apakah itu dapat digunakan pada saat saya di bandara? terima kasih..

  9. @ afina : Alhamdulillah, senang kalo informasi ini berguna, Mba Afina. Setahu saya, travel itinerary tidak bisa digunakan sebagai pengganti boarding pass. Kalau memang tidak bisa dicetak atau tidak dikirimi email, tunjukkan kode booking ke counter di bandara, biar dicetak disana ..

    Semoga perjalanannya menyenangkan, Mba Afina .. ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>