Permata Guest House

Sekali lagi, masih dalam rangka Si Mas cuti pekan kemarin ..

Berhubung saya masih kos dan ibu kos saya tidak mengijinkan laki-laki, meskipun suami, menginap di kamar kos, jadilah saya agak blingsatan mencari penginapan. Bagaimana tidak, saya masih belum terlalu paham Semarang, sementara saya ingin mendapat penginapan nyaman, tapi tidak terlalu mahal. Hahaha .. Pengiritan ! :)

Come on, say thanks to Mr. Google ..

Yakkk, setelah googling, saya mendapat pencerahan, bahwa menginap tidak harus di hotel, tapi bisa juga di guest house atau homestay. Nah, ternyata di Semarang banyak sekali penginapan semi hotel seperti itu. Kualitas sekelas hotel, tapi harga benar-benar jauh lebih ringan ..

Ada beberapa nama guest house/homestay di Semarang yang saya temukan via Mbah Google ..

  1. WISMA SAKINAH. Alamat : Jl. Kumudasmoro Barat No. 24, Semarang. Telepon : (024) 7623460. Rate : mulai 155K IDR/malam.
  2. OMAH DJOWO. Alamat : Jl. Puspanjolo Barat I No. 10, Semarang. Telepon : (024) 7604868.
  3. PERMATA GUEST HOUSE. Alamat : Jl. Singosari XII No. 1, Semarang. Telepon : (024) 8315345. Rate : mulai 160K IDR/malam.
  4. GRIYA BOUGENVILLE. Alamat : Jl. Mintojiwo I No. 5, Semarang. Telepon : (024) 7601174 / 70311135. Rate : mulai 125K IDR/malam.
  5. GRAND SARASWATI SINGOSARI. Alamat : Jl. Singosari Raya No. 81 A, Semarang. Telepon : (024) 8413454. Rate : mulai 260K IDR/malam.
  6. KARANGAYU GUEST HOUSE. Alamat : Jl. Jend. Sudirman No. 169-173, Semarang. Telepon : (024) 7612345. Rate : mulai 200K IDR/malam.

Nah, dari semua hasil pencarian itu, awalnya saya memutuskan untuk booking di Wisma Sakinah, tapi batal, karena menimbang-nimbang lokasinya yang agak jauh dari tengah kota. Nanti susah kalau mau main-main sepanjang malam. Hehehe .. :)

Akhirnya, Permata Guest House lah pilihan saya ! Selain lokasinya yang tepat di tengah kota (belakang kampus Undip Pleburan), proses reservasinya pun gampang sekali, via telepon. DP pun transfer via rekening bank saja, tidak perlu harus datang sebelum check in. See, mudah sekali, bukan ? Terutama untuk tamu yang berasal dari luar Semarang .. :)

Kami memilih kamar tipe Standard dengan harga 200K IDR per malam. Fasilitas yang saya peroleh adalah spring bed, kamar mandi dalam, AC, TV, air panas, air mineral 2 botol per hari, sajadah, mukena, sarung, perlengkapan mandi dan sarapan. Kami check in tanggal 28 November 2010, check out 1 Desember 2010 ..

Ini dia penampakan Permata Guest House-nya ..

Lumayan kan ? Worth it lah untuk harga 200K IDR per malamnya. Pelayanannya juga baik, petugasnya ramah, keamanan terjamin .. Puas deh memakai jasa Permata Guest House ! :)

Oh ya, selain di Semarang, Permata Guest House juga bisa ditemui di Yogyakarta, tepatnya di Jl. Timoho II No. 32 A, Yogyakarta, telepon (0274) 563540. Rate PGH Yogya berbeda dengan PGH Semarang. Rate kamar di PGH Yogya mulai 250K IDR per malam, karena ukuran kamar di PGH Yogya lebih besar dibanding PGH Semarang ..

Ini penampakan Permata Guest House Yogyakarta ..

Sudaaahhh ahhh ..

Semoga memudahkan teman-teman yang bingung mencari penginapan ketika hendak main ke Semarang ya. Tidak perlu hotel, guest house atau homestay sudah cukup nyaman kok untuk istirahat setelah menikmati gemerlapnya Ibu Kota Propinsi Jawa Tengah ini .. :)

23 thoughts on “Permata Guest House

  1. dulu waktu saya ke semarang mo kondangan itu susah banget nyari penginapan murah yang di pusat kota. pengennya di wisma kesehatan yang berada di samping telkom di simpang lima, sedang direnovasi. akhirnya dapat di hotel telomoyo di jalan gajah mada itu. 265K ac,kamar mandi dalam, bath tub air panas,dan sarapan. suasananya juga asik.lumayan lah

  2. @ tac : Sippp, tengkyu udah nambah referensi, Tac .. Kalo di Surabaya mah ngga usah bingung cari penginapan murah, kan ada kos2anmu .. Hehehe .. :D

  3. seumur2 aku belum pernah nginap di hotel, satu kamar dengan istriku. moga2 ada kesempatan untuk berbulanmadu bersamanya mungkin di semarang di tempat yang direkomendasikan ama mbak ini. makasih infonya.

  4. @ 4ns : Monggo dicoba, Pak .. Pasti menyenangkan hanimun sama istri di Semarang, kotanya kan ngga terlalu riweuh, tapi lumayan komplit, apa2 ada disini .. :)

    Terima kasih juga sudah mampir ke “rumah” saya .. Semoga berkenan .. :)

  5. Thanks yah zoe atas infonya…aduh jd tambah pengen ke semarang…..mau wisata kuliner yg murmer2

  6. wahhh klo telomoyo..y beda ma permata guest house..klo mnurutku si..di permata guest house tu selainn bersihh juga murahh… byk lho yg mahal tapi ngga bersih dan ngga nyaman.. mendingan c yaa disiniii… gak bakal rugi de

  7. banyak yg bilang permata guest house bagus dan murah..tapi saya tidak tau lokasinya.tolong arahan jalannya klo saya dr stasiun tawang.
    terus gmana cara membedakan guest house yg aman dg yg biasanya dibuat tempat mesum??

    trims mohon dibalas secepatnya karena besok kamis saya ke semarang buat interview kerja

  8. @ makhibaw : Yes, sepakat .. Permata Guest House layak lah jadi pilihan penginapan murah di Semarang .. :)

    @ lia : Hai, salam kenal, Lia .. Mohon maaf, baru dibalas komennya, saya baru saja pulang dari luar kota .. Kalau dari Stasiun Tawang, menuju ke arah Simpang Lima, setelah itu, ambil Jalan Pahlawan, ketemu Universitas Diponegoro, masuk saja ke arah itu .. :)

  9. wah…. kebetulan mau nyari yg di dekat jl singosari, jadi langsung deh menuju tkp, thank’s infonya mbak

  10. Saya sudah coba yg Sakinah itu; klo utk ukuran keluarga dengan anak, ukuran bed nya terlalu kecil (120cm);

    Next time saya akan coba yang lain.
    Kalau tujuan di SemaranG barat, sekitar Sakinah ternyata ada beberapa. Di deretan itu minimal ada 3;

    Recomended utk di tambahkan ke list ini adalah:
    SEMARANG BARAT
    1. Wologito Homestay (ala Villa di Puncak, style bagus; hommy, rapih, dan taste nya boleh; hitungan per kepala @75rb; maksimal 10 pax) http://wologitohomestay.com/; dekat bandara; cuma lokasi d jalan kecil dan berliku;

    SEMARANG TIMUR:
    2. Hotel Dalu (rate masih <300rb krn hotel baru); cek di Agoda.com; lokasi di Jl Majapahit dkt tol.

  11. Wah permata guest house ternyata gak bnyak berubah sjk dibangun pertama kali..kl grand saraswati itu dl namanya hotel singosari yg pd saat itu sangat minim fasilitas dan kesannya jorok..well rentang wktu 7 thn smg spt nya sdh byk berubah..salam kenal y mba :)

  12. @ eva : Hai, Eva, salam kenal juga ya. Terima kasih sudah mampir kesini dan ninggalin jejak lewat komen .. ;)

    Oh dulu Grand Saraswati jorok ya ? Ih, sekarang bagus lho, sederhana tapi nyaman dan berstandar hotel beneran. Hehehe ..

  13. Mau tanya nih , saya kan mau ke semarang sm kk saya cwo. Tapi bngung mau ngnap dmn. Enaknya dimana ? Boleh kah cuma hnya psan 1 kamar dstu? Untuk kk ade ? :o
    Karna kalo pesan 2 kamar saya takut tdur sndiri :D

  14. @ vani : Kalo untuk kebijakan2 semacam itu silahkan hubungi hotel2 yang dituju, saya hanya share disini, jadi tidak tahu tentang detail kebijakan manajemen. Pada umumnya ngga masalah sih, asal bisa dibuktikan dengan KK, misalnya..

    Thanks sudah berkunjung.. :)

  15. @ vani : Sama2 .. ;)

    @ jeje : Kalau dari Stasiun Tawang, menuju ke arah Simpang Lima, setelah itu, ambil Jalan Pahlawan, ketemu Universitas Diponegoro, masuk saja ke arah itu .. ;)

    @ kiyaaa : Berkisar antara 200-an .. ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>