Sosrowijayan, Pusat Backpacker Dunia di Yogyakarta

Saat ke Yogya, pekan kemarin, saya dan teman-teman menginap di kawasan Sosrowijayan. Awalnya saya ngga terlalu ngeh dengan Sosrowijayan, sebelum Aga, salah seorang partner jalan saya, menginformasikan bahwa penginapan di sekitaran belakang Malioboro ini terbilang murah meriah. Nah, setelah googling, saya jadi tambah paham kalau Sosrowijayan bukan sekedar pusat penginapan murah, tapi bisa dibilang kampungnya turis di Yogyakarta. Semacam Poppies Lane di Kuta, Bali gitu lah .. :)

– Sosrowijayan –

Sosrowijayan adalah tempat yang sangat strategis, menurut saya. Bagaimana tidak, lokasinya hanya berjarak kurang dari 1 kilometer dari Stasiun Tugu, jadi turun dari kereta, jalan sebentar, sampai di penginapan. Belum lagi tempatnya yang berada di belakang pusat keramaian Yogyakarta, Malioboro, membuat Sosrowijayan semakin menarik untuk menjadi tempat singgah, terutama bagi para turis **iya turis, bukan orang lokal, karena orang lokal justru cenderung memilih untuk menginap di hotel berbintang**. Sekedar intermezzo, Sosrowijayan juga terletak berdekatan dengan Pasar Kembang, spot lokalisasi paling tersohor di Yogyakarta. Hehehe .. ^^ v

Sebagai pusat berkumpulnya para turis, fasilitas yang ada di Sosrowijayan termasuk lengkap. Penginapan, rental mobil/motor, money changer, kafe-kafe jalanan yang meskipun mungil namun atmosfernya menyenangkan, toko, warnet/wartel, warung-warung makan .. Komplit ! Menjelang malam, Sosrowijayan semakin riuh. Banyak tempat yang menawarkan live music, membuat para backpacker yang menginap disana berkumpul, bergembira bersama, meskipun tidak saling mengenal satu sama lain. Hmm, khas traveler banget deh .. :)

Beberapa penginapan murah meriah di kawasan Sosrowijayan, yang saya temukan via Mbah Google ..

1. Hotel 1001 Malam, Sosrowijayan Wetan GT I/57, Yogyakarta, (0274) 515087 ..

Awalnya, saya tertarik untuk memilih penginapan ini sebagai tempat singgah kami selama di Yogyakarta. Sayangnya, harganya agak tinggi, kurang pas dengan kantong para mbambungers. Hehehehe .. Meskipun tempatnya cozy, hati-hati ya, berhubung lokasinya memang berhimpitan dengan Pasar Kembang, banyak para ‘kembang’ yang mencoba menawarkan diri. Abaikan saja, ngga papa .. :)

2. Hotel Merbabu, Sosrowijayan GT I/32, Yogyakarta, (0274) 551421, www.merapimerbabuhotels.com ..

Lepas dari tidak memilih Hotel 1001 Malam, saya mencoba kontak Hotel Merbabu, penginapan yang juga memanajemeni Hotel Merapi. Sayang sungguh disayang, seluruh kamar di hotel ini fully booked. Heuuu .. Sedih deh .. Oh ya, saya agak heran dengan alamat Hotel Merbabu. Penginapan yang lumayan terkenal di dunia maya itu terletak di Jalan Sosrowijayan, bukan di gang-gang, seperti Hotel 1001 Malam, tapi kok alamatnya pake GT yaaa .. **thinking**

3. Hotel Oryza, Sosrowijayan No. 49-51, Yogyakarta, (0274) 512495 ..

Penginapan yang satu ini terletak di Jalan Sosrowijayan, tidak perlu masuk-masuk gang untuk menemukannya. Dari arah Malioboro, Hotel Oryza ada di sebelah kiri jalan. Lagi-lagi, ketika saya kontak, jawaban yang saya peroleh adalah, “maaf, seluruh kamar penuh ..“. Haduuuhhh, weekend di Yogyakarta memang selalu seperti ini, penuh pengunjung, jadi susah dapat penginapan .. Nyeeehhh .. :(

4. Hotel Karunia, Sosrowijayan No. 78, Yogyakarta, (0274) 565057 ..

Nahhh, finally, saya dapat juga penginapan di Sosrowijayan. Hotel Karunia ! Lokasinya tepat berada di depan Hotel Oryza. Pelayanan via telepon waktu saya booking cukup memuaskan. Waktu itu, saya berbicara dengan Mba Neni, sepertinya Beliau lah pemilik penginapan ini. Ternyata, di Hotel Karunia, kalau mau booking harus transfer uang terlebih dahulu. Ya ngga papa lah, wajar saja. Terus pas kami masuk, untuk kenyamanan ya so so lah ya. Kalau saya pribadi sih ngga masalah, sekedar tidur¬† saja, yang penting aman dan murah meriah. Hahahaha .. :) Untuk istirahat semalam di kamar yang luasnya sekitar 4×4 meter, kamar mandi dalam, double bed, fan, lemari dan meja, kami cukup membayar 100K IDR saja .. :)

salah satu kamar di Hotel Karunia, tapi kami booking yang tanpa televisi

Oh ya, ada beberapa warning ketika menginjakkan kaki di Sosrowijayan ..

  • Kalau Anda memang tidak berniat bermain-main dengan para ‘kembang’ yang banyak bertebaran di seputaran Pasar Kembang & Sosrowijayan **saya sarankan sih jangan pernah main2 dengan mereka, dimanapun, kapanpun, hehehe ..**, jangan sekali-kali iseng. Cari perkara namanya ..
  • Waspada dengan tukang becak yang memaksa Anda menumpang di becaknya dengan ajakan putar-putar Yogyakarta atau Malioboro. Biasanya mereka akan memaksa Anda membeli sesuatu di toko souvenir **biasanya di kios-kios penjual Kaos Dagadu palsu**, karena bagi mereka, membawa pengunjung ke sebuah toko artinya ¬†mereka akan mendapatkan komisi dari Si Pemilik Toko ..
  • Jangan asal memilih penginapan di Sosrowijayan ! Biasakanlah tanya-tanya dulu via dunia maya. Mbah Google atau milis-milis traveling yang sekarang banyak tersedia akan memberi jawaban yang cukup akurat kok. Penginapan yang sudah di-review di dunia maya biasanya terpercaya .. :)

Yakkk, jadi kalau Anda bukan model orang yang mencari penginapan sekelas bintang 5, bertempat tidur super empuk, kamar mandi yang lebih mewah dari kamar kos saya saat ini atau semalamnya seharga sepersepuluh gaji saya, silahkan meluncur saja ke Sosrowijayan ketika mengunjungi Yogyakarta. Temukan suasana khas budget traveler yang akrab, hangat dan sangat open .. :)

71 thoughts on “Sosrowijayan, Pusat Backpacker Dunia di Yogyakarta

  1. Jadi ingat pernah nginap di salah satu hotel di Sosrowijayan tapi pas pagi2 menjelang subuh ada suara lenguhan nikmat di kamar sebelah. Hiiiii.. Serem!

  2. @ nyoman : Sama2, semoga perjalanan ke Yogyanya berkesan. Oh ya, selain Sosrowijayan, ada Dagen dan Prawirotaman yang juga punya banyak pilihan penginapan murah .. ;)

  3. @ nia : Kalau untuk kebijaksanaan hotelnya, silahkan hubungi no kontak yang sudah saya tuliskan diatas. Tapi kalau berdasar pengalaman, 3 orang, dengan tambahan 1 extra bed ..

    Terima kasih sudah berkunjung .. ;)

  4. salam kenal mba…

    kebetulan mau kesana bulan depan, punya list penginapan murah meriah lainnya gak? :)

    tengkyuuu

  5. mbk tgl 26 oktober ini saya rencana ke jogja sama 10 org lainnya, kira2 masih ada penginapan yg kosong ga yah?mohon infonya yah, secara kan musim liburan gt

  6. @ black : Mulai 50K IDR, setahu saya ..

    @ junot : Kok tanyanya sama saya ? Saya bukan warga Yogya, bukan pengelola penginapan di Sosrowijayan juga. Postingan ini cuma sharing pengalaman saya pernah menginap disana. Please be smart and wise, ketika melontarkan pertanyaan di travel blog semacam ini. We are traveler, not travel agent ..

  7. dulu pas ke jogja sama temen cowok nginepnya di sosrowijayan juga. dapet yang masuk2 gang gitu. kita ngasih duit buat 2 kamar, eh sama mbaknya dikira 2 malam!!! T________T

    *syok

  8. @ tac : Hehehe .. Iya, nginep di Sosrowijayan memang harus ekstra hati2. Bukan apa2, lebih banyak bule yang menginap disana, mungkin pekerja penginapan jadi terbiasa dengan adab mereka. Hehehe ..

    *pukpuk Tac*

  9. mbak, saiah rentjananya mo main ke jogja niih… masih ada yg kosong gak untuk tgl 14 okt besok minggu hotel yg di situ? kalo ada bisa minta bookingin nomer kamarnya sekalian? iya sekalian juga bookingin rental mobil yg murah dong, budget sktr 200rb aja udah include sopir, bensin, cemilan, ma makan siang? oke mbak.. ditunggu segera kabarnya yah… secepatnya.. ;)

  10. @ (yang ngaku) ganteng : Bisaaa ! Tambah tak jorokke seka jembatan layang ndhuwur Lempuyangan yooo .. Hahahaha ..

    *jangan kira aku tak tahu siapa dirimuuu*

  11. Mbae jadi kalau mau nginep di sana harus hati” yaa
    aku orang jogja tp belum pernah kekotanya aku yg di desanya.
    hotelnya ckup bersih tho mba’e?
    o iya mba’e td kan di atas mba’e blang kalau mw booking hrus transfer uang dlu,tu bkan penipuan kan,soalnya kan banyak penipuan jaman sekarang.
    btw thanks ya infonya ^_^

  12. @ yaya : Iya, cari informasi terpercaya dari situs penyedia layanan booking hostel atau milis2 perjalanan. Penginapan cukup bersih, tapi jangan dibayangkan seperti hotel2 berbintang gitu ya. Insya Allah, ngga, makanya cari referensi dulu ..

    Semoga lancar pengalaman menginap di Sosrowijayannya .. ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>